Semarang, (31/07) -- Perkembangan teknologi tidak hanya mengubah cara berkomunikasi masyarakat namun juga metode perdagangannya. Pertumbuhan Marketplace yang semakin banyak berguna menjadi tempat jual-beli barang secara online yang bisa digunakan oleh pengusaha. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UNDIP untuk membantu peningkatan jangakauan pasar lokal, karena dengan menggunakan marketplace memungkinkan pasar UMKM akan lebih luas dan promosi lebih murah. Dari sisi promosi, keuntungan berjualan di marketplace untuk UMKM melalui online adalah bisa menjaring lebih banyak pelanggan yang lebih luas. Semua orang yang terhubung dengan internet dapat melihat promosi tanpa terbatas oleh jarak.
Banyaknya manfaat penggunaan media sosial dalam mengembangkan UMKM merupakan salah satu faktor pendorong yang kuat bagi UMKM untuk terus memanfaatkan media sosial dalam rangka mengembangkan usahanya, meningkatkan penjualan produk, melakukan komunikasi dengan konsumen, serta mengembangkan jaringan pasar yang lebih luas lagi.
Untuk menunjang itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro menyelenggarakan sosialisasi tentang marketplace untuk menunjang penjualan produk makanan olahan milik Ibu Wirda pada (31/07), Mahasiswa KKN Undip menjelaskan bagaimana keuntungan yang diperoleh dari penjualan online. Program tersebut disambut antusias untuk mengatasi kendala penjualan secara offline yang selama ini dialami di masa Pandemi. Langkah pertama yang kami ambil untuk sosialisasi dalam berjualan dan menentukan target penjualan di marketplace setelah itu membuat akun Shopee dan mengajarkan cara membuka toko dan mengunggah foto produk.
Penulis: Muhammad Alfapahlevi Saputra Sekolah Vokasi)
Editor: Hendrik Anggi Setiawan S.Pi M.Si
Lokasi: Keluraha Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H