Lihat ke Halaman Asli

Ananda Nashwa Prafitri

Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat

Observasi Lahan Basah di Kalimantan Selatan, Kecamatan Landasan Ulin

Diperbarui: 8 September 2023   08:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Lahan Basah Danau di Kecamatan Landasan Ulin

Kalimantan merupakan daerah yang memiliki wilayah lahan basah yang secara umum tanah alluvial dan gambut. Lahan basah di Kalimantan ini merupakan wilayah yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi dibandingkan dengan kebanyakan ekosistem. Lahan basah adalah wilayah yang memiliki tanah jenuh dengan air, baik bersifat permanen maupun bersifat musiman. Sehingga umumnya wilayah lahan basah ini akan tergenang oleh lapisan air yang dangkal, maka tidak jarang di Kalimantan Selatan ditemukan persawahan yang subur dan mata pencarian mereka yang utama adalah bertani. Hal itu juga yang dapat meningkatkan roda perekonomian. Tetapi, lahan basah di Kalimantan Selatan tidak hanya digunakan untuk persawahan, lahan basah di Kalimantan Selatan juga banyak digunakan untuk hal lain contohnya tempat penelitian, perumahan atau komplek, dan tempat wisata.

Karakteristik lahan basah antara lain:

  • Dipengaruhi oleh pasang surut khusus wilayah yang dekat dengan pantai
  • Dipengaruhi oleh musim
  • Wilayah yang memiliki elevasi rendah

Adapun contoh lahan basah, beberapa diantaranya:

  • Bakau
  • Lahan Gambut
  • Rawa-rawa
  • Sungai
  • Danau
  • Sawah

Berikut adalah contoh pengelolaan dan pemanfaatan lahan basah di Kalimantan Selatan:

A. Pemanfaatan Lahan Basah Danau

Danau memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, danau berfungsi untuk menstabilkan aliran air dan di sisi lain danau juga mempunyai fungsi ekonomi yang sangat tinggi, yaitu untuk penyediaan air bersih, baik untuk minum, irigasi dan industri, juga untuk perikanan budidaya maupun perikanan tangkap.

Gambar 2. Lahan Basah Danau di Kecamatan Landasan Ulin

B. Pemanfaatan Lahan Basah Pertanian

Pertanian lahan basah adalah kegiatan pertanian menggunakan lahan basah (wetlands). Lahan basah yang dimaksud dalam jenis pertanian lahan basah ini mengacu pada tanah yang kontur lahannya merupakan jenis tanah yang jenuh dengan air. Lahan basah pertanian merupakan lahan yang cocok dijadikan sebagai lahan usaha tani untuk melakukan kegiatan bercocok tanam yang menghasilkan bahan pangan.

Gambar 3. Lahan Basah Pertanian di Kecamatan Landasan Ulin

Gambar 4. Lahan Basah Pertanian di Kecamatan Landasan Ulin

Berdasarkan hasil observasi yang saya amati, tumbuhan yang ada di danau terdapat tumbuhan teratai, ilalang, eceng gondok, pohon akasia, bunga kantong semar, tanaman paku, pohon trema, kesumbang keliling dan putri malu. 

Saya juga menemukan salah satu bentuk lahan basah lainnya seperti sawah di Kecamatan Landasan Ulin. Namun, kondisi lingkungan lahan basah di Kecamatan Landasan Ulin pada saat musim kemarau saat ini dapat menyebabkan sebagian sawah mengering dan terbakar. 

Maka dari itu, kita semua harus menjaga kelestarian lahan basah di Kalimantan Selatan agar tetap lestari dan subur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline