Lihat ke Halaman Asli

Ananda Govinda

Penulis - Mahasiswa

Jangan Lupa Minum Air Mineral Ketika Sahur, Ini Manfaatnya!

Diperbarui: 10 April 2022   07:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kebiasaan untuk minum air mineral setelah makan sering dilupakan oleh sebagian orang. Kita sering memilih minuman yang terlihat lebih menggugah selera, seperti teh dan susu hangat. Padahal, air mineral sendiri memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Sebagian orang sering menganggap minuman dengan rasa manis dapat membantu kita untuk kenyang lebih lama. Hal ini kadang membuat kita lupa untuk meminum air mineral ketika sahur.  Namun, ternyata minum air mineral ketika sahur sangat penting bagi tubuh. Apa saja manfaatnya?


Menjaga kadar cairan tubuh
Meminum air mineral ketika sahur dapat menjaga cairan tubuh kita. Hal ini dikarenakan kandungan mineral dan oksigen didalamnya sangat penting bagi tubuh. Air mineral juga jauh lebih alami daripada minuman seperti teh maupun susu. Karena manfaat alaminya, air mineral menjadi cara yang lebih baik dalam menjaga kadar cairan tubuh manusia.


Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air mineral juga dapat mengatasi dehidrasi selama berpuasa. Kandungan kalium dalam air mineral mampu mencegah dehidrasi yang dapat mengakibatkan melemahnya otot dan saraf didalam tubuh. Dengan begitu, meminum air mineral ketika sahur dapat membantu agar kita tidak merasa lemas saat menjalankan puasa.


Menyehatkan pencernaan
Selain menjaga cairan tubuh, meminum air mineral ketika sahur dapat menyehatkan pencernaan. Air mineral ideal untuk diminum sebanyak dua gelas ketika sahur. Jumlah ini dibagi saat sebelum mulai makan dan sesudah makan. Proses ini dapat membantu melancarkan proses pencernaan makanan selama kita berpuasa.

Meminum air mineral dalam jumlah ideal ketika sahur dapat mengoptimalkan kerja lambung dan usus kita. Manfaat ini dapat mencegah terjadinya penyakit sembelit selama berpuasa. Meminum  air mineral juga dapat mengimbangi konsumsi makanan berserat tinggi. Dengan begitu, proses kerja usus besar akan menjadi lebih lancar.


Membantu metabolisme
Memenuhi kebutuhan cairan dengan meminum air mineral dapat membantu proses metabolisme didalam tubuh. Kandungan bermanfaat seperti magnesium dan krom, dapat membuat penyerapan nutrisi makanan ketika sahur menjadi lebih optimal.

Air mineral juga sangat cocok untuk orang yang memiliki aktivitas padat ketika berpuasa. Meminum air mineral ketika sahur dapat menyeimbangkan proses metabolisme dengan kebutuhan air yang diperlukan tubuh kita. Dengan terjaganya metabolisme, tubuh kita akan menjadi lebih sehat dalam menjalani puasa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline