Lihat ke Halaman Asli

Ananda Elysia

Universitas Muhammadiyah Malang

Mengenal Prekursor Sulphuric Acid dan Mengetahui Dampak Penyalahgunannya

Diperbarui: 29 Mei 2023   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Apa itu Prekursor? 

Prekursor adalah zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang dapat digunakan dalam pembuatan Narkotika dan Psikotropika.

Apa Itu Asam Sulfat? 

Asam Sulfat (H2SO4) merupakan asam mineral (anorganik) yang kuat. Cairan yang bersifat korosif, tidak berwarna, tidak berbau, sangat reaktif dan mampu melarutkan berbagai logam. Bahan kimia ini dapat larut dengan air dengan segala perbandingan, mempunyai titik lebur 10,31 C dan titik didih pada 336,85 C tergantung kepekatan serta pada temperatur 300 C atau lebih. 

Manfaat Asam Sulfat

Kegunaannya yaitu sebagai pemrosesan bijih mineral, sintesis kimia, pemrosesan air limbah dan pengilangan minyak. Asam sulfat juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk, bahan peledak, detergen, zat warna, insektisida, obat-obatan, plastik, baja, dan baterai. 

Potensi Penyalahgunaan Sulphuric Acid

Dalam jurnal (Kreutz, 2019),  disebutkan bahwa penyalahgunaan asam sulfat berupa kasus bunuh diri di dalam mobil dengan menggabungkan bahan kimia yaitu asam format dengan asam sulfat untuk menghasilkan gas karbondioksida. Paparan gas karbondioksida tersebut menghasilkan asap berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi pada selaput lendir, menyebabkan kerusakan pada saluran pernafasan, edema paru, sesak, dan hilangnya kesadaran.   

Dampak Penyalahgunaan Sulphuric Acid  

Asam sulfat memiliki sifat korosif yang sangat berbahaya. Resiko yang utama jika kulit terjadi kontak lansung dengan asam sulfat dapat menyebabkan kulit terbakar. Paparan dengan aerosol asam sulfat dengan konsentrasi tinggi juga dapat menyebabkan iritasi pada mata  serta kerusakan pada saluran pernapasan. Begitu juga dengan konsentrasi yang rendah, kasus akibat  terpapar aerosol asam sulfat yang yakni jadiret pengikisan gigi. 

Maka dari itu, gunakan dengan bijak  asam sulfat sesuai dengan yang diperlukan dan tidak melebihi batas penggunaan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline