Lihat ke Halaman Asli

Ashfiyak Nur Hamid

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Desa Puger Wetan oleh Mahasiswa KKN Kolaboratif Posko-017 Demi Mewujudkan Lingkungan Bebas Nyamuk

Diperbarui: 5 Agustus 2024   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi Pemberantasan Sarang Nyamuk

Mahasiswa KKN Kolaboratif Posko-17 turut serta dalam upaya penyebaran nyamuk di wilayah Desa Puger wetan, Kecamatan Puger Kota Jember. Untuk melaksanakan program Pemberantasan sarang nyamuk (PSN), mereka bekerja sama dengan Kader Kesehatan Desa.

Selain itu, mahasiswa KKN juga memantau jentik-jentik nyamuk di rumah warga. Apabila ditemukan jentik nyamuk, warga diedukasi untuk segera membersihkan dan menguras tempat penampungan air yang ada di rumah.

Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk mengidentifikasi, mengeliminasi, dan mencegah tempat-tempat yang berpotensi menjadi lokasi berkembang biaknya nyamuk terutama nyamuk Aedes aegypti yang merupakan faktor utama penularan penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD), chikungunya, dan zika. Adapun dampak dari adanya jentik-jentik nyamuk disebabkan oleh lingkungan yang kurang mendukung, kondisi cuaca yang buruk, dan kurangnya kesadaran masyarakat. Dampak dari hal ini sangat signifikan, termasuk penyebaran penyakit, beban sosial dan ekonomi, serta penurunan kualitas hidup. Tujuan utama dari PSN adalah untuk memutus siklus hidup nyamuk, mencegah penyebaran penyakit yang ditularkannya dan meningkatkan kesehatan masyarakat.  Oleh karena itu, upaya pemberantasan sarang nyamuk dan edukasi masyarakat sangat penting untuk mencegah dan mengurangi dampak negatif dari jentik-jentik nyamuk.

Dokumentasi Pribadi pemantauan Jentik-jentik

Komponen Utama Pemberantasan Sarang Nyamuk :

1. Identifikasi Tempat Penampungan Air

Memeriksa tempat-tempat yang dapat menampung air bersih, seperti bak mandi, tempayan, vas bunga, kaleng bekas, ban bekas, dan pot tanaman. Tempat-tempat ini berpotensi menjadi sarang nyamuk.

2. Pembersihan dan Pengeringan

Menguras dan membersihkan tempat penampungan air secara rutin, minimal seminggu sekali, untuk menghilangkan jentik nyamuk. Selain itu, mengeringkan dan menutup rapat tempat-tempat yang bisa menampung air untuk mencegah nyamuk bertelur.

3. Penggunaan Larvasida

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline