Lihat ke Halaman Asli

Ananda Alia Putri

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Analisis Iklan Transportasi Online

Diperbarui: 7 Juli 2024   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama Anggota Kelompok 4 :

Ananda Alia Putri               (23010400084)

Suhaimah                              (23010400105)

Sheren Regita Cahyani     (23010400124)

Mata Kuliah : Pengantar Advertising

Dosen Pengampu : Agus Hermanto, M.I.Kom

Analisis iklan transportasi online

Periklanan adalah istilah yang tidak asing, khususnya di dunia pemasaran. Istilah ini sangat penting di dunia pemasaran. Walaupun tidak asing di dengar, istilah ini seringkali disamakan dengan pemasaran. Padahal, periklanan dan pemasaran memiliki pengertian yang cukup berbeda. Secara umum iklan merupakan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan sangat penting sebagai alat pemasaran serta promosi yang membantu menjual barang dan yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen untuk melakukan hal yang sesuai dengan isi pesan dari iklan.  Sehingga masyarakat dapat mengenal suatu produk dengan lebih spesifik lagi dengan melalui adanya sebuah iklan  ataupun alat pemasaran. Iklan dibuat menarik, sebaik dan sekreatif mungkin karena iklan mempunyai tugas untuk meningkatkan penjualan. Iklan mempunyai dampak membentuk perilaku konsumtif pada konsumen. memberikan layanan, serta gagasan atau ide-ide saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif. Artinya, dalam menyampaikan pesan tesebut, komunikator memang secara khusus melakukannya dengan cara membayar kepada pemilik media atau membayari orang yang mengupayakannya. dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat agar lebih tertarik kepada iklan tersebut Jadi, termasuk dalam pemasaran yang memiliki arti sebagai aktivitas dan proses yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jadi keuntungan yang diperoleh dari sebuah iklan menjadi lebih meningkat dikarenakan berhasil memperoleh perhatian masyarakat. komunikasi yang dilakukan oleh sponsor bersifat massal karena media massa seperti Radio, televisi, surat kabar, majalah, surat pos, papan nama, dan sebagainya.

Kehadiran smartphone saat ini yang paling ramai dibicarakan dan menjadi bahan diskusi banyak kalangan adalah mengembangkan teknologi dalam bisnis transportasi yang modern yaitu penggunaan aplikasi di ruang virtual dalam hal ini teknologi berpengaruh dengan adanya iklan aplikasi transportasi online dari smartphone, dimana masyarakat dimudahkan untuk berinteraksi dengan pemilik transportasi melalui smartphone tersebut. dimanapun dan kapanpun juga secara cepat dan real time, masyarakat mudah melakukan mobilisasi kemana saja dengan memiliki aplikasi ini. Sejauh ini dengan adanya iklan Ojek online yang berusaha menjangkau masyarakat banyak melalui promosi yang gencar di iklan lewat berbagai media seperti media sosial, aplikasi, billboard, website, dan lainnya . Promosi dari iklan aplikasi  tersebut biasanya berisikan kode promosi untuk potongan harga maupun kode promosi untuk mendapatkan perjalanan gratis, baik bagi mereka pengguna lama maupun pengguna baru . Iklan aplikasi ini juga seringkali bekerjasama dengan event-event tertentu dengan menyediakan kode pemesanan khusus bagi mereka yang akan melakukan. perjalanan baik menuju ataupun dari tempat event tersebut dilaksanakan. Promosi khusus juga diberikan bagi para pengguna aplikasi Ojek online yang mendaftarkan kartu kredit sebagai cara pembayaran tarif perjalanan. dengan segala promosi yang dijalankan aplikasi ini tentu masyarakat pengguna transportasi online akan membandingkannya dengan promosi yang dijalankan oleh transportasi online lainnya . Biasanya masyarakat cenderung memilih salah satu yang promosinya menguntungkan bagi mereka para pengguna transportasi di samping perbandingan tarif manakah yang paling murah. melalui Iklan ini memaparkan bahwasanya Aplikasi ini hadir untuk membantu para konsumen dalam berbagai hal (Damayanti, 2021).  tujuan adanya iklan aplikasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, menarik pengguna baru, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Iklan juga bertujuan untuk mempromosikan layanan atau fitur baru, memberikan informasi tentang promosi atau diskon khusus, serta membangun citra positif perusahaan di mata konsumen. dengan beriklan, aplikasi ini berharap dapat meningkatkan jumlah pengguna dan frekuensi penggunaan layanannya, sehingga pada akhirnya meningkatkan pendapatan perusahaan.

Iklan ini ditayangkan di youtube maupun Facebook resminya pada tanggal 18 September 2016, dengan pertimbangan strategi kreatif iklan yang mengeksplorasi konten disturbing picture justru menuai kecaman dari netizen dan berdampak pada viral yang sangat cepat. Metode observasi dan dokumentasi dilakukan dalam proses pengumpulan data. Data penelitian kemudian dianalisis dengan metode kualitatif. Berdasarkan fenomena yang telah disajikan di atas peneliti bermaksud untuk menganalisa iklan transportasi online. penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana konsep kreatif atau gagasan besar dibangun sehingga mampu membuat pesan iklan menjadi berbeda, bisa merebut perhatian orang banyak dan mudah untuk diingat.

Iklan ini milik perusahaan ojek online yang ditampilkan di media mempunyai pesan konsep dan gagasan besar yang unik, dalam iklan trasnportasi milik Negara Malaysia ini dinarasikan oleh Ayah dari sosok wanita cantik bernama Dinda, yang mempunyai keputusan besar sebagai seorang penyanyi, untuk mewujudkan cita citanya. Untuk itu Dinda harus berhati-hati dalam menentukan pilihan dalam hal apapun terutama dalam memilih kendaraan yang aman untuk , jika salah dan ceroboh  maka cita-citanya tersebut tidak akan terwujud. Dinda digambarkan sedang berjalan dengan santai sambil menggunakan earphone namun tiba-tiba sekujur tubuhnya terbalut oleh luka yang cukup banyak  yang menampakan seperti luka bekas kecelakaan dalam berkendara, Banyak tukang ojek yang mencoba memanggilnya agar dinda memilih kendaraannya untuk di tumpangi, tapi Dinda memilih membuka aplikasi ini dan memesan ojek melalui handphonenya. Dan anehnya, tubuhnya kembali normal saat ia menaiki ojek yang dipesan dari aplikasi tersebut. Alur cerita dan voiceover dari iklan ini seolah memperingatkan bahwa jika Dinda memilih ojek lain maka ia tidak aman dan akan mengalami kecelakaan. Dengan memilih aplikasi ini, ia bisa aman dalam perjalanannya yang sudah terjamin dan bisa melanjutkan cita citanya.

  • Pesan yang Disampaikan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline