Lihat ke Halaman Asli

Ananda Izza Nurul Layyin

Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya

Model Evaluasi Pembelajaran di TK Dharma Wanita Persatuan Bringin Bendo

Diperbarui: 27 Desember 2022   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Reportase merupakan serangkaian proses kegiatan penyampaian berita tentang fakta dalam suatu peristiwa yang dapat dilihat secara langsung maupun telah dilakukan sebelumnya, pelaporan peristiwa secara langsung biasa disebut dengan live report yang artinya melaporkan langsung dari Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Reportase yang telah dilakukan sebelumnya, berarti laporan dari suatu peristiwa yang hendak dikupas secara lebih mendalam dari menyuluruh hingga ke inti dari permasalahan yang ada. Data-data dalam reportase yang satu ini biasanya lebih lengkap dan rinci, sehingga memakan banyak waktu para penggiat media informasi. Reportase ini biasanya disebut sebagai investigasi. Jenis dan teknik reportase beragam dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Kali ini, saya melakukan reportase tentang "Model Evaluasi Pembelajaran AUD", yang mana ini sangat penting sebagai bahan pelaporan AUD kepada orang tua.

Subyek reportase adalah di TK Dharma Wanita Bringin Persatuan Bringin Bendo Kelompok B2. Alamat lembaga Jln. Bringin Wetan RT 09 RW 06 Bringin Bendo Kec. Taman Kab. Sidoarjo.

Alasan dan tujuan singkat reportase mempunyai fungsi untuk mengarahkan terlaksananya reportase yang telah ada sebelumnya.

Tujuan reportase sendiri yaitu :

  • Mengetahui kekuatan dari evaluasi pembelajaran
  • Mengetahui kelemahan dari evaluasi pembelajaran
  • Menghasilkan data-data yang perlu dilakukan untuk mencari kekuatan dan yang perlu dihindari dari yang sudah dilakukan

Evaluasi pembelajaran diterapkan di TK Dharma Wanita Persatuan Bringin Bendo terdiri dari :

  • Observasi (Yang dilakukan guru disetiap kegiatan siswa)
  • Wawancara (Yang dilakukan guru sewaktu-waktu)
  • Portofolio (Yang dilaksanakan guru setiap anak mengumpulkan tugas dan hasil karya)

Evaluasi pembelajaran yang tidak diterapkan di TK Dharma Wanita Persatuan Bringin Bendo  terdiri dari :

  • Kuisioner (Karena sudah dilaksanakan wawancara secara langsung)
  • Skala bertingkat (Karena terlalu banyak poin yang diambil)

Dari kegiatan reportase yang saya lakukan di TK Dharma Wanita Persatuan Bringin Bendo maka saya mengambil kesimpulan :

  • Evaluasi pembelajaran di TK Dharma Wanita Persatuan Bringin Bendo sudah baik
  • Diperlukan pengembangan model dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran

Dari kesimpulan yang dapat saya berikan, maka saya merekomendasikan kepada lembaga TK Dharma Wanita Persatuan Bringin Bendo, dalam melakukan model evaluasi pembelajaran hendaknya ditambahi dengan kuisioner dan skala bertingkat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline