Lihat ke Halaman Asli

Anan Umran

Mahasiswa UAD

Peran Komunikasi Visual sebagai Media Promosi dalam Membentuk Perilaku Konsumen

Diperbarui: 21 Juli 2021   17:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Komunikasi visual merupakan sesuatu yang mengkomunikasikan ide melalui tampilan visual untuk menyampaikan informasi. Dimana jenis komunikasi ini biasa terkait dengan tanda, foto, tipografi, gambar, warna, grafis, gambar bergerak, gabungan visual dengan audio dalam bentuk video, dan masih banyak lagi (Limandoko, 2000). 

Semua hal ini merupakan bagian dari apa yang digunakan oleh komunikasi visual untuk menjangkau target audiens nya. Komunikasi visual disebutkan memiliki kekuatan yang lebih besar daripada hanya tulisan. Dan dengan dukungan teknologi baru yang diterapkan dalam jenis komunikasi yang dimaksud, komunikasi visual memiliki pengaruh kuat dalam membuat orang percaya apa yang disajikan tersebut.

Keunggulan dari komunikasi visual inilah yang kemudian dimanfaatkan dalam berbagai bidang, misalnya periklanan. Tujuan utama dari bisnis periklanan adalah untuk menyajikan produk atau layanan dengan sedemikian rupa sehingga seluruh masyarakat, calon konsumen, terpengaruh oleh rangsangan emosional secara positif. 

Dalam kata lain, perhatian konsumen dapat didapatkan terhadap sesuatu yang diiklankan tersebut. Selain menarik perhatian, komunikasi visual juga disebutkan dapat memiliki pengaruh dan kontribusi dalam mengubah perilaku konsumen. 

Perilaku konsumen sendiri merupakan suatu perilaku yang dimiliki konsumen dalam melakukan pengambilan keputusan, membeli, hingga pasca-membeli suatu produk (Subianto, 2017). Banyak aspek yang mempengaruhi hal ini. namun yang paling dominan menentukan adalah aspek psikologis, kognitif, emosional dan juga perilaku dasar.

Komunikasi visual sebagai salah satu strategi dalam periklanan dan pemasaran dapat mencakup tren yang ada yang meliputi tren sosial, ekonomi, dan juga penerapan teknologi yang kemudian diselaraskan untuk menciptakan peluang unik bagi bentuk komunikasi visual yang baru dan inovatif (Kumar & Al-Zubaidi, 2014). 

Kombinasi faktor ini akan menyebabkan komunikasi visual menjadi penting dalam bidang pemasaran dan juga membentuk maupun mengubah perilaku konsumen yang ada. Selain itu, terdapat beberapa aspek yang juga menentukan pengaruh dan hubungan antara komunikasi visual dan perilaku konsumen ini. Misalnya adalah faktor persepsi visual, manipulasi emosional, dan juga pengemasan serta pemilihan warna produk atau iklan yang berkaitan dengan faktor psikologis.


Persuasi Visual

Pemasar atau pembuat iklan biasanya menggunakan kualitas visual untuk meyakinkan konsumen atau sasaran konsumen. Dalam iklan, komunikasi verbal masih menjadi salah satu unsur. 

Namun, fenomena visual dalam iklan atau promosi tentu mendapat perhatian khusus. Pesan visual yang disajikan dalam iklan lebih meyakinkan karena memiliki makna yang lebih dalam dan dapat menyebabkan perubahan besar dalam perilaku konsumen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline