Saya bukan seseorang yang bekerja di dunia perbankan, apalagi pemilik bank tetapi hanya seorang yang memanfaatkan jasa bank yang bahasa perbankan disebut sebagai nasabah bank biasa. Tulisan ini saya buat dari hasil temuan data secara tidak sengaja beberapa bulan lalu. Saat ini ada sebuah media yang sedang digandrungi oleh banyak orang di dunia Maya yaitu sebuah media sosial bernama TWITTER yang baru berumur 5 tahun. Bagi yang sudah mempunyai akun dan aktif menggunakannya tentu sudah tidak asing lagi dengan asyiknya dan begitu bermanfaatnya media ini. Dalam rumah sehat Kompasiana ini pun sudah banyak artikel yang membahasnya. Saya secara pribadi sebenarnya belum lama terdaftar sebagai pengguna di ranah Twitterland ini dengan jumlah follower yang relatif sedikit karena lebih banyak menjadi pengikut dan masih lebih suka memperhatikan informasi-informasi di Lini Masa. Secara tidak sengaja, suatu ketika saya tertarik menjadi follower dari account twitter sebuah bank plat merah di ranah maya twiterland tanpa saya sebut pembaca akan dapat menebak account yang saya maksud, walaupun saat ini rekening pribadi saya di bank tersebut belum jelas informasi terakhirnya. Setelah saya dinyatakan resmi menjadi follower dari account ini oleh @bang twitter, seperti biasa praktis kicauan-kicauan account yang saya follow tadi ikut antri di garis waktu twitter saya. Saya takjub seketika karena twit-twit yang saya terima disampaikan dengan bahasa marketing yang bagus dan bersahabat layaknya Customer Service Dunia Nyata yang setia melayani Nasabah dengan Santunnya. Ada banyak informasi yang saya terima dari akun ini sekaligus saya juga mendapat pemahaman baru tentang pemanfaatan Tool "Social Media" bernama Twitter sebagai Layanan Pelanggan Online Praktis dan terhitung canggih untuk saat ini. Seketika muncul ide untuk menjadi follower dari akun bank-bank lain, dari hasil pencarian dan penelusuran saya waktu itu, "hanya" menemukan akun twitter beberapa bank saja. Akun tersebut adalah :
- @BNI46
- @BII_Friends
- @banksentral
- @CIMBNiaga_info
- @syariahmandiri
- @bankbri.
nb. Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada Bank-bank lain, data ini saya tampilkan sesuai hasil penelusuran pertama.
Bila kita perhatikan, ternyata baru sedikit bank di Indonesia yang memanfaatkan media sosial "Twitter" menurut saya bisa sebagai sarana pendekatan baru kepada Nasabah. Penelusuran saya lebih lanjut bahkan ada Bank yang belum memanfaatkan secara maksimal layanan Online atau Internet Banking-nya. Bahkan ada beberapa Bank yang tidak mengupdate sama sekali informasi websitenya alih-alih mengembangkan ke layanan online lainnya yang terus berkembang.
Informasi merupakan jantung persoalan, karena membuka pintu ke kubah yang disebut SUKSES - Herb Cohen
Khusus untuk Twitter di antara akun tersebut di atas @BNI46 menjadi yang terdepan dan sangat aktif. Selain dimanfaatkan sebagai corong informasi "Real Time", @BNI46 menjadikan twitter sebagai media untuk tanya jawab langsung dengan Nasabah, saling tukar informasi antar nasabah tentang layanan BNI. Tidak kalah menariknya @BNI46 setiap akhir pekan hampir selalu bagi-bagi hadiah dengan menjawab pertanyaan berupa Kuis. Bagi tweeps yang sudah menjadi follower @BNI46 tentu sudah sangat tahu kondisinya. Saya mencoba mengoleksi data aktifitas masing-masing akun tersebut. Data berikut ini saya dapatkan pada akhir Februari 2011 : 1. @BNI46 Jumlah Tweet : 5277, Jumlah follower terkahir 10358 tweet terakhir 9 menit yang lalu 2. @BII_Friends jumlah tweet : 44, Jumlah follower terkahir 294 tweet terakhir 24/12/2010 3. @banksentral jumlah tweet : 47, Jumlah follower terkahir 275 tweet terakhir 30/11/2010 4. @CIMBNiaga_info jumlah tweet : 53, Jumlah follower terkahir 96 tweet terakhir 25/12/2010 5. @Syariahmandiri jumlah tweet : 1, Jumlah follower terkahir 26 tweet terakhir 02/12/2010 6. @bankbri jumlah tweet : 0, Jumlah follower terkahir 142 tweet terakhir 0 Hari ini 14 April 2011 kembali saya melakukan tinjauan untuk mendapatkan data perkembangan aktifitas twitter akun-akun tersebut. Berikut perubahan yang saya dapatkan pada jam 00.00 WIB dini hari :
Dari data terakhir seperti gambar-gambar di atas, sangat jelas terbaca tidak banyak perubahan yang terjadi kecuali pada dua akun. Artikel ini saya buat berdasarkan penelusuran langsung informasi pada sumber-sumber tersebut dengan asumsi bahwa akun tersebut adalah akun offisial resmi masing-masing Bank. Tidak ada maksud lain apalagi hal-hal yang tendensius dalam penulisan artikel ini. Bila perbankan mendalami manfaat dari media sosial bernama TWITTER ini dan mampu memanfaatkan secara baik dan maksimal pada saat ini, maka bukan tidak mungkin pihak Bank akan mendapatkan sebuah manfaat lain dari perkembangan Teknologi Informasi yang sedang pesat-pesatnya. Ada yang berpendapat bahwa memanfaatkan atau menggunakan Teknologi Internet dalam "bekerja" merupakan suatu konsep kerja yang mengakomodasi mobilitas. Dengan perkembangan Gadget saat ini dan segala fiturnya, mobilitas adalah sebuah keniscayaan. Siapakah yang bisa lebih dulu mengambil keuntungan dari hal ini ? semoga keberuntungan lebih dulu menghampirinya.
Siapa yang menguasai INFORMASI, akan menguasai DUNIA - Alfin Tofler
Salam Kompasiana.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H