Lihat ke Halaman Asli

Mupi Anisah

Lafdzan Ma'nanan wa Amalan

Mahasiswa KKN Dorong Pemuda Desa Mentaraman Berwirausaha Melalui Program "STARLING"

Diperbarui: 22 Agustus 2024   02:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Mentaraman menciptakan program STARLING, yang merupakan singkatan dari "Starbuck Keliling". Kegiatan ini bertujuan mendorong semangat berwirausaha di kalangan pemuda desa. Program ini adalah bentuk inovasi dan pengembangan keterampilan dan minat pemuda desa untuk memulai usaha.

Program STARLING mengajarkan masyarakat khususnya pemuda desa dalam memalukan managemen keuangan serta prosedural dalam menjalankan usaha. Kegiatan starling diwujudkan dalam kegiatan berjualan kopi menggunakan gerobak yang dibuat dari bahan sederhana. Hasil penjualan ini akan didonasikan untuk keperluan sosial desa, seperti perbaikan fasilitas umum dan bantuan pendidikan.

Program ini dilaksanakan pada tanggal 19 - 28 juli 2024. Kegiatan starling ini dilaksanakan di desa mentaraman kecamatan donomulyo kabupaten malang. Selain mengajarkan praktik wirausaha dalam bentuk starling. Mahasiswa bakti desa JANTRA FISIP – FIB juga melakukan edukasi sistem pembayaran digital yakni pembayaran Qris/cashless kepada Warga desa mentaraman.

Selama program pelaksanaan kegiatan starling, mahasiswa berperan dengan memberikan contoh atau mempraktikkan bagaimana pengelolaan dan tata cara program starling ini dilaksanakan. Diakhir program bakti desa ini Gerobak STARLING yang digunakan akan dihibahkan kepada desa, sehingga pemuda desa dapat memanfaatkannya untuk berwirausaha. Dengan adanya program ini, diharapkan semangat berwirausaha tumbuh di kalangan pemuda Desa Mentaraman, memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat setempat terutama meningkatkan perekonomian warga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline