Lihat ke Halaman Asli

Kunci untuk Mengatasi Ketakutan dan Keraguan

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Banyak sekali orang menyerah untuk menggapain impianya dikarenakan adanya ketakutan dan keraguan pada dirinya. Tidak harus sampai terjadi seperti itu kan? Apabila anda sudah mencoba dalam berusaha untuk mencapai tujuan impian anda dan kemudian berhenti karena menyerah karena menghadapi sebuah hambatan yang nampak tidak mungkin teratasi, jangan menyerah sampai disitu. hal ini angatlah wajar dan alami dari sebuah harapan menggapai tujuan. Ditekankan pada point utamanya disini, bagaimana cara anda untuk menghindari rasa takut tersebut, melainkan membuat sebuah keputusan yang positif yang membuat anda menjadi memiliki rasa percaya diri yang sangatlah kuat.

Berikut saya akan berikan beberapa informasi tips bagaimana untuk cara mengatasi keraguan serta ketakutan diri dalam mewujudkan impian-impian yang berusaha untuk anda kejar.

1. Membuat Sebuah Keputusan.

Setelah anda menentukan sebuah impian untuk anda tuju, Putuskanlah anda menginginkan sebuah kebahagiaan karenanya. Bisa dikatakan terlihat klise, Namun banyak sekali seseorang yang tidak pernah membuat suatu keputusan serta untuk berkomitmen penuh untuk impian yang ingin mereka capai. Hanya bisa untuk selalu "berpikir dan berpikir" tanpa sebuah keputusan. atau juga disaat rintangan pertama itu muncul, kata menyerah sudah mereka utarakan.

Buatlah suatu komitmen untuk diri anda sendiri. Saat ini bukanlah waktu untuk khawatir  akan bagaimana cara untuk mewujudkanya, atau bagaimana usaha anda untuk bergerak dalam melalui rintangan tersebut. Namun sebaliknya, Buatlah akan benih impian dalim diri anda, serta bentuk sebuah komitmen untuk selalu mencintai akan benih ini sampai disaatnya nanti anda akan menemukan buah dari usaha anda.

Hormatilah akan komitmen yang sudah ada dalam diri anda. Tidak akan ada siapapun yang bisa menjatuhkan selain itu anda sendiri. Buatlah akan komitmen apa yang anda inginkan kemudian berdiri dengan tegar dan kuat akan komitmen itu. Jangan perdulikan akan adanya rasa takut, atau terlihat sangat susah sekali bahkan tidak mungkin untuk dicapai, yakinkan dan putuskan bahwa diri anda mampu untuk meraihnya. Kenapa? tentunya tidak akan ada alasan yang lainnya selain karena anda menginginkanyan dan sudah anda putuskan. orang lain atau entah itu siapapun tidak akan melakukan hal itu selain diri anda sendiri.

2. Anda Bukan Budak Ketakutan Anda.

Disaat anda mulai bergerak maju untuk berusaha meraih impian anda, keraguan serta ketakutan akan lebih cepat maju dan mendahului yang tidak sesuai dengan perkiraan anda. Untuk melampaui rasa takut itu, sangat membantu sekali jika anda mau berusaha belajar untuk berusaha memisahkan diri dari rasa takut. Seperti misalnya saja: Dari pada anda berpikir dan mengucap didalam hati "Saya Takut"  tentunya lebih baik untuk belajar mengucapkan dalam diri anda "Ada dibagian dalam diriku yang takut dan tidak mau bergerak untuk maju, akan tetapi pada diriki dibagian yang lainnya ada rasa keinginnan untuk selalu maju dan ingin terus bergerak"

Adanya ketakutan merupakan bukan mengenai siapa anda, akan tetapi merupakan adanya emosi yang anda alami. Disini kuncinya adalah kenalilah rasa takut anda dan tetap selalu berusaha untuk bernafas. Bernafas bisa menjaga akan energi yang anda miliki untu berusaha tetap bergerak serta mencegah anda dari terikatnya akan pelukan rasa ketakutan anda.

Jangan perdulikan akan terlihat sangat menakutkan, namun putuskanlah untuk tetap duduk bersama dengan rasa takut tersebut dan terimalah akan kehadiranya. tapi bukan untuk menyetujuinya loh. Penerimaan ini membantu karena dengan tindakan akan menghindar tidak akan bisa membuatnya pergi, mencari jalan yang lain juga tidak akan membuatnya hilang, diabaikannya pun tidak akan membuat rasa sakit akan menghilang. Tentu tetaplah berusaha bernafas. Katakan pada diri anda bahwa meskipun anda merasa sangat takut yang intensif, anda masih bisa untuk mengambil akan tindakan. Buatlah ketakutan ada didepan mata anda, dan biarkan anda untuk mengetahuinya, kemudian katakan "Kamu Bukan Bos Saya". Ambilah langkah yang diperlukan untuk memperoleh strategi yang baru kemudian terus maju dengan impian anda sekali lagi.

3. Ubah Sikap Anda Tentang Kegagalan.

Pada suatu saat, Saya pernah menerima sebuah email yang memiliki isi akan kutipan sebuah motivasi, seperti ini kira2 bunyinya: Anda mencoba suatu usaha, beberapa diantaranya berhasil, namun beberapa diantaranya juga tidak, dan anda juga melakukanya lebih dari sekedar berhasil" Kata-kata yang sederhana tersebut, menunjukan sebuah cara untuk menuju kesuksesan bila anda menginginkan untuk selalu berkembang dan berhasil, serta selalu siap jika mengalami sebuah kekgagalan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline