Lihat ke Halaman Asli

Gayus Amat Sih Lu?

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Gayus memang sudah mulai raib. Popularitasnya mulai menghilang, bersamaan dengan munculnya berita-berita heboh lainnya. Namun, apa yang dilakukan Gayus benar-benar fenomenal. Padahal, kalau kita sidik-selidik, apa yang dilakukannya adalah hal yang biasa di Indonesia: "Ada rencana bantah?" :-)

Tidak usah protes dan jangan menyangkal, kalau yang namanya korupsi, suap menyuap dan melakukan fraud adalah hal yang biasa di Indonesia. Lumrah malah...

Semua orang normal (mulai dari yang kurang, hingga yang para) tahu benar kalau hampir sebagian besar orang Indonesia pernah melakukan korupsi. Korupsi waktu yang paling sering sih. Janji jam 2, datang jam 2.15. Seharusnya jam 8,  datangnya jam 8.30. Kalau Korupsi duit?

Nah, memakai hukum Vilfredo Pareto 80:20, maka dari tiap 20 persen orang Indonesia, 80 persen tanpa sadar ataupun sadar (kalo nggak, ngaku lagi kesurupan deh) melakukan korupsi. Dan tidak malu. Dan tidak tahu (atau pura pura tidak tahu). Dengan alasan terpaksa dan ada kesempatan.

(Mudah2an, kita termasuk 20% dari yang 20%. Amin).

Ada kesempatan? Ya iyalah... Sri Mulyani yang doktor aja pernah bilang:"Jangan salahkan sistem ya bow... Walaupun, renumerasi sudah tinggi, korupsi tetap aja jalan di Indonesia". Bingung gue...#*()+@"?

Eniwei, sebenarnya bukan korupsi sih yang mau saya bahas disini. Tapi, nama Gayus itu sendiri. Gayus menjadi istilah baru yang renyah untuk di lafalkan (entah sekarang.. apa masih ya?).

Saya masih ingat, dulu ada istilah Jayus untuk menggambarkan sesuatu yang kampungan atau norak. "Jayus lu ah" artinya norak atau kampungan.

Nah, hebatnya Gayus, istilah Jayus sepenuhnya telah diambil alih Gayus sekarang. Sampai-sampai Renny Jayusman yang dulunya rela pesta tujuh macam bubur untuk mendapat nama Jayusman, terpaksa mandi tujuh sumur untuk ganti nama jadi Renny Gayusman. Agar terkenal kembali.. ;-)

Menurut gosip, acara 'Gayung Bersambut" pun akan ditayangkan kembali dengan nama "Gayus Bersambut Paksa (Polri, Pajak dan Jaksa)".

Nama Gayus, kini semakin sering digunakan. Seperti istilah F..k (*sensor*) dalam bahasa Inggris. Nama Gayus terasa renyah digunakan. Semisal:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline