Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Pulkam UM 2021 Perkenalkan Desa Tamansuruh Melalui Pembuatan Video Profil

Diperbarui: 27 Juli 2021   20:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Pengambilan Video

Banyuwangi - Tamansuruh merupakan sebuah desa yang terletak di kaki pegunungan ijen, yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Dengan luas wilayah 586,24 Ha dan terdapat 7.104 jiwa, Desa Tamansuruh terbagi menjadi 5 dusun yakni Dusun Gadog, Dusun Mondoluko, Dusun Wonosari, Dusun Andong, dan Dusun Krajan.

Untuk mengintegrasikan warga di Desa Tamansuruh cukup sulit, karena penduduknya heterogen. Oleh karena Kepala Desa Tamansuruh membangun desa tematik. Desa tematik sendiri merujuk pada adat istiadat tiap dusun. Seperti halnya dusun Krajan yang merupakan kampung religi. Dusun Andong yang merupakan kampung seni dan budaya, kemudian Dusun Wonosari merupakan kampung seribu bunga dan perekonomian, Dusun Mondoluko merupakan kampung statistik, dan yang terakhir adalah Dusun Gadog yang merupakan kampung kesehatan.

Proses Pengambilan Video

Desa Tamansuruh memiliki berbagai kekayaan wisata alam diantaranya terdapat Taman Agrowisata yang menyuguhkan pemandangan kebun bunga yang terhampar luas serta tanaman hortikultura. Wisata tersebut terletak di Dusun Wonosari. Kemudian, sumber pemandian yang dikenal dengan nama Pemandian Sumberwaras yang terdapat di Dusun Gadog. Selain itu, pilot project untuk kampung statistik adalah Dusun Mondoluko, yang diharapkan sebagai pusat data untuk segala kebutuhan wilayah Mondoluko.

Isi dari video profil ini dirancang untuk memperkenalkan potensi dan wisata Desa Tamansuruh kepada masyarakat luas, sehingga diharapkan dapat menarik minat wisatawan guna membantu memajukan berbagai sektor di Desa Tamansuruh. Hasil dari program kerja ini akan di simpan dan diserahkan ke desa sebagai berkas profil desa dan sekaligus akan diunggah ke situs youtube KKN UM Tamansuruh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline