Lihat ke Halaman Asli

Puisi 101

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

1. Puisi ialah suatu hasil karya manusia yang berupa tulisan yang terikat oleh : bait, sajak, irama, intonasi. Dan merupakan ekspresi jiwa manusia dalam bahasa yang indah.

2. Puisi selalu berubah-ubah sesuai dengan evolusi selera dan perubahan konsep estetiknya.

3. Puisi adalah pendramaan pengalaman yang bersifat penafsiran (menafsirkan) dalam bahasa yang indah dan berirama.

4. Puisi adalah kata-kata dalam susunan yang terindah.

5. Puisi adalah pikiran yang bersifat musikal. Dan pernyataan perasaan yang imajinatif, yaitu perasaan yang direkakan, diangankan.

6. Puisi merupakan pemikiran mansia secara konkret dan artistik dalam bahasa emosional.

7. Puisi terdiri dari unsur-unsur : emosi, imajinasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan panca indera, susunan kata, kata-kata kiasan, kepadatan, dan perasaan yang bercampur baur.

8. Puisi itu mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama.

9. Puisi merupakan rekaman dan interprestasi pengalaman manusia yang paling penting, digubah dalam wujud yang paling berkesan.

10. Puisi adalah hasil aktivitas memadatkan, dan juga merupakan ekspresi kreatif.

11. Puisi membentuk kata-kata pada waktu pengucapannya sendiri, bukan keluar dari simpanan ingatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline