Siapa tidak kenal perusahaan sekelas GOJEK yang sukses dengan aplikasi transportasinya. Dan tentunya anda juga tahu BANK MANDIRI, sekalipun berbeda core-business-nya, namun satu hal yang bisa kita ambil benang merahnya dari kedua perusahaan ini adalah bahwa mereka telah memanfaatkan Big Data untuk kelangsungan bisnis yang mereka jalankan.
Bicara soal Big Data, saat ini bisa dikatakan kondisinya berbeda dengan masa sebelum Era Industri 4.0. Dimana saat ini pelaku bisnis semakin concern terkait keberadaan datanya. Itulah yang mendasari pada akhirnya semakin banyak pelaku bisnis yang mencoba mengoptimaliasi sistem operasionalnya dengan hasil analisis yang berasal dari Big data.
Sekadar memberikan contoh perspektif bisnis terkait Big Data. Maka kita akan menemukan istilah yang disebut Analisis berbasis Big Data. Secara bisnis, penggunaan Analisis berbasis Big Data salah satunya untuk mengungkap pola tersembunyi serta kaitannya yang menyangkut soal bisnis. Dimana hal itu menjadi sangat penting mengingat saat ini sedang terjadi kondisi tidak biasa akibat dampak Covid-19. Sehingga memerlukan strategi bisnis yang tidak biasa juga untuk dijalankan suatu perusahaan.
Ambil contoh apa yang disampaikan oleh Rogers Communications, perusahaan yang cukup terkenal di Kanada. Saat ini Rogers adalah perusahaan yang berfokus dalam bidang komunikasi dan media massa. Core-business-nya terdiri dari beberapa bidang, seperti: komunikasi nirkabel, televisi kabel, telepon, dan konektivitas internet.
Ada hal menarik yang dikemukakan oleh Rogers bahwa Analisis berbasis Big Data telah membantu mereka dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertahankan eksistensi serta dominasinya dalam sektor media dan telekomunikasi di Kanada. Inilah yang pada akhirnya menjadi salah satu contoh bagaimana sebuah Analisis berbasis Big Data menjadi suatu yang penting, terutama dalam Era New Normal.
PROSES MEMPEROLEH DAN ANALISIS DATA UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS
Bicara soal Big Data, banyak dibahas bagaimana perusahaan besar mampu mempertahankan eksistensinya dengan penggunaan metode tersebut. Namun satu hal yang perlu kita ingat bahwa tidak semua perusahaan memiliki dana yang cukup untuk memperoleh Big Data dan menjadikannya efektif.
Di luar kondisi tersebut, sejatinya untuk menghasilkan sebuah analisis data yang cukup komprehensif, setiap perusahaan tidak harus melakukannya sendiri. Dapat pula dengan meminta bantuan perusahaan yang khusus bergerak di bidang riset, salah satunya adalah NAS Consulting & Research.
Dengan kemampuan dan kehandalannya dalam melakukan metode riset, seperti: Desk Study & Analysis, Quantitative Survey, dan Qualitative Survey, NAS dapat dijadikan mitra kerja yang cukup fleksibel dalam hal yang berhubungan dengan memperoleh data dan analisis data.
Lebih lanjut tentang layanan yang bisa dilakukan oleh NAS terkait memperoleh data dan analisis data bagi perusahaan, diantaranya: (1) Online & offline research, statistic study, hingga data analysis untuk yang terkait dengan desk study & analysis.