Lihat ke Halaman Asli

Ana Faradila

Pejuang Toga🎓

Filsafat Pendidikan Eksistensialisme dan Pemikiran Tokoh-Tokohnya

Diperbarui: 1 Mei 2020   22:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Dalam pertemuan kedelepan filsafat pendidikan membahas tentang eksistensialisme dan pemikiran tokoh-tokohnya.

Eksistensialisme adalah suatu reaksi terhadap materialisme dan idealisme,dalam melakukan tindakannya, mendeskripsikan eksistensi dan pengalaman manusia dengan metodelogi fenomenologi.

ada beberapa pemikiran tokoh-tokoh filsafat eksistensialisme antara lain:

1. Jean Paul Sartre menurutnya manusia merupakan makluk bebas untuk itu manusia harus berbuat dan bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri.

2. Soren Aabye Kierkegaard, suatu metode yang diperuntutkan kepada setiap indivu agar lebih mengenal dirinya yang sebenarnya dengan berpegang teguk kepada keimanan.

3. Martin Buber, ada tiga lingkup relasi dalam hidup manusia yaitu: 1. hidup bersama-sama dengan alam, 2. hidup bersama manusia-manusia lainnya, 3. hidup bersama dengan spiritual beings.

4. Karl Theodor, manusia tidak memiliki kekuatan untuk bereksistensi, eksistensi hanya dapat dicapai dalam relasi dengan transendasi.

5. Gabriel Marcel, bahwa eksensi di dunia adalah ada bersama-sama karena dengan kebersamaan itu sangat nyata diwujudkan dalam bentuk cinta.

6. Paul Tillich, memusatkan perhatiannya pada hakikat keberadaan dan eksistensi yang bersifat kecemasan dan ketidakberadaan itu sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline