Lihat ke Halaman Asli

Bahaya Legical Fallacy dalam Pengambilan Keputusan

Diperbarui: 20 Juni 2024   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Legical fallacy adalah kesalahan dalam berlogika atau kesalahfahaman orang dalam menanggapi sesuatu,sehingga membut orang tersebut menyimpulkan pendapat yang salah dan berfikir jelek kepada sesuatu atau orang lain.

Bahaya legical fallacy sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan karena dapat mengakibatkan kesalahan dalam menanggapi suatu persoalan, dan mengambil keputusan secara langsung tampa berfikir panjang dan mencari kebenaran dari berbagi sumber informasi lainnya. 

Legical fallacy sangat menyesatkan bagi pendengar maupun penerima informasi yang dimana membut argumen yang terlihat kuat meskipun sebenarnya salah. Adanya logical fallacy berpengaruh bagi perilaku seseorang dalam menilai sesuatu.

Dalam pengambilan keputusan perlu adanya kefokusan dan pemikiran panjang serta menggali banyak data yang akurat dari beberapa sumber sehingga dapat menghindari adanya legical fallacy yang berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain dalam mengambil keputusan karena terpengaruh oleh argumen yang sebenarnya tidak valid




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline