Lihat ke Halaman Asli

Ana Atikah

@atikahanaaa

Pesan Moral dalam Film Budi Pekerti

Diperbarui: 14 November 2023   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Bagi kalian yang sedang mencari referensi tontonan di minggu ini, jangan lewatkan untuk menonton film Budi Pekerti. Film yang dibintangi oleh Sha Ine Febriyanti, Prilly Latuconsina, Angga Yunanda, dan Dwi Sasono sebagai keluarga ini, mengisahkan tentang dampak media sosial yang begitu merugikan. 

Film ini akan membawa kita pada kehidupan di masa pandemi dan bagaimana internet menjadikan banyak informasi tidak terarah, serta membuat banyak kesalahpahaman. Oleh karena itu, film Budi Pekerti mengandung pesan moral yang mendalam.

1. Jangan Mengabaikan Perintah Orang Tua
Sebelum semua kejadian bermula, film ini menceritakan tentang anak yang tidak menuruti perkataan orang tuanya. Media sosial secara tidak sadar telah membuat manusia kurang memperdulikan dunia sekitar, mereka asyik dengan konten-konten media sosialnya dan mengabaikan perintah orang tua. 

Pada akhirnya, media sosial hanya membuat kita menjadi adiktif terhadap asumsi baik dari orang lain di dunia maya yang bahkan tidak pernah kita temui sebelumnya.

Dokumen Pribadi

2. Jangan Takut Menyuarakan Kebenaran
Di awal cerita, kisahnya memang sudah menjelaskan tentang kesalahpahaman yang kemudian diviralkan dan membuat banyak asumsi dari netizen. Semakin lama berita hoax menyebar, kebenaran justru semakin tertinggal di belakang. 

Dalam film Budi Pekerti, kebenaran seolah hanya milik sekelompok orang, kebenaran hanya ditentukan dari banyaknya orang yang menganggap hal yang sama sebagai sesuatu yang benar, kebenaran hanya seperti adu kekuatan. 

Padahal lebih dari itu, kebenaran seharusnya berakar dari hati nurani. Kebenaran yang hakiki harus disuarakan dengan lantang, dan tidak takut akan diskriminasi serta ancaman dari orang lain.

3. Jangan Terjebak oleh Dunia Maya
Kadang kala ketika ketika kita asyik bercengkrama dan bersosialisasi dengan orang lain di media sosial, kita jadi lupa bahwa ada kehidupan nyata yang mesti kita jalani. 

Kita jadi sering abai terhadap lingkungan sekitar, bahkan tak memperdulikan perasaan orang-orang terdekat kita. Dalam film ini, contoh yang begitu nyata mengenai dampak media sosial begitu jelas tergambar. 

Film ini juga mengajarkan bahwa media sosial tak selamanya memberikan kemudahan dan kepopuleran bagi penggunanya, tetapi juga dengan kemudahan dan kepopuleran itu, ada kehangatan antarsesama manusia yang hilang dan tergantikan oleh keheningan.

Perjalanan Ibu Prani sebagai seorang guru dalam film Budi Pekerti, dapat kita saksikan di bioskop-bioskop seluruh Indonesia. Selamat menonton!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline