Lihat ke Halaman Asli

Niat Hemat atau Ibadah

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Be Hemat. Prinsip hemat hubungannya dengan mahasiswa yang kos, terutama mahasiswa yang jauh dari keluarga, apalagi mendapat jatah ongkos tiap satu bulan sekali bahkanada yang beberapa bulan sekali. Dengan ketentuan uang yang ada, tentu anak kos diharuskan berhemat di tengah kondisi dan kebutuhan yang cukup banyak. Belum lagi, ditambah godaan mode dan trend fashion hingga perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa saat ini. Yang membuat bingung, antara berhemat atau tetap shopping demi kepuasan batin dan memenuhi kebutuhan lain diluar kebutuhan kuliah yang sekiranya tidak diperlukan. Tidak hanya di kalangan perempuan saja, terkadang kalangan laki-laki juga ikut-ikutan.

Mungkin sebagian orang pernah terbersit keinginan untuk berhemat dengan cara berpuasa. Jika di telaah kembali dengan hubungannya niat ibadah, karena niatan yang tidak etis inilah yang bisa menyebabkan kita berpikir, ‘Wuaahh..!! Besok Puasa ah, biar hemat uang jajan”. Dengan pemikiran seperti itu, sudah pasti esok, lusa, bahkan hari-hari berikutnya akan bertambah keinginan berpuasa. Tapi tetap saja dengan alasan ‘HEMAT’. Mencampur adukkan urusan ibadah dengan hal-hal lain, tentu akan membuat niatan yang sebelumnya baik menjadi tidak baik. Namun, sebagai muslim dan muslimah yang tahu arti puasa sesungguhnya, tentu tidak akan menyia-nyiakan sesuatu seperti ini, manfaat berpuasa; dan tentu tubuh yang sehat plus bisa berhemat pastinya.

Jadi Muslim dan muslimah yang Smart, teman-teman !! Puasa tetaplah puasa, yang ditujukan dengan niatan utama untuk ibadah. Hemat merupakan manfaat dan imbas dari kebiasaan kalian berpuasa. Selain untuk Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Dan tentunya, Allah sangat tidak menyukai orang-orang yang boros, dan suka membelanjakan sesuatu yang tidak ada manfaatnya.

Jangan lupa selalu bersyukur dengan rezeki yang kalian dapatkan.

Gunakan dengan tepat dan tetap hemat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline