Lihat ke Halaman Asli

Makam Kesultanan Palembang Darusalam Tak Diperhatikan Pemko

Diperbarui: 24 Juni 2015   17:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Makam dan peninggalan sejarah Kesultanan Palembang yang tersebar di kota Palembang kondisinya memperihatinkan dan terlantar.

Seperti makam Sultan Mahmud Badaruddin I di Sabo Kingking harus di lestarikan pihak Pemko Palembang dengan cara dianggarkan pemeliharaannya karena  itu aset daerah.

“Dimakam  Sultan SMB I itu rumput kurang bagus, pelataran rusak, pagar hancur, jalannya hancur  itu kewajiban pemko Palembang melakukan perbaikan tersebut,”kata anggota DPRD Sumsel Adi Rasyidi, Senin (11/1).

Menurut politisi Partai Demokrat ini menambahkan kalau orang lihat melihat makam sultan jika ditata baik dan  diperbaiki pasti kesannya bagus.

Dia ,mencontohkan bagaimana diluar Sumsel banyak  makam rajannya di rawat dan bisa memasukkan PAD daerah juga.

“Silahkan adakah retribusi , khan bisa jadi PAD,”katanya.

Pihaknya meminta pihak Pemko Palembang atau Provinsi mengambil alih malam Sultan SMB I di Sabo Kingking 3 Ilir guna dirawat dan dilestarikan.Termasuk di Bukit Siguntang ada makam raja-raja , harus di rawat juga .

“ Jika pihak Pemko Palembang dan Provinsi tidak sanggup merawat makam-makam itu bisa di usahakan dengan pihak ketiga sebagai pengelola,”katanya.

Selain itu masih banyak makam keturunan Kesultanan Palembang Darusalam yang kondisinya tidak terawat dan perlu mendapatkan perhatian pihak Pemko Palembang karena aset daerah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline