Lihat ke Halaman Asli

Abdul Muis Syam

Terus menulis untuk perubahan

Inilah Ide Gila yang Bikin Kepala CI “Geleng-geleng”

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photobucket

CHEVROLET Indonesia (CI) baru saja memilih 3 finalis dari ajang Lomba Ide Gila dan Kreatif tentang mobil hatchback All New Aveo sebagai produk barunya. Lomba ini diselenggarakan adalah untuk dijadikan iklan layaknya iklan mobil hatchback Sonic yang telah ditayangkan di sejumlah stasiun televisi. Di Malaysia mobil Aveo dinamai “Sonic”. Mengingat karena Malaysia telah melakukan promosi melalui iklan yang memperlihatkan beberapa aksi Sonic yang memang “GILA dan Woww”, misalnya Sonic sedang dilempar dari pintu pesawat, ada juga Sonic di arena skate-board yang sedang melakukan atraksi jungkir balik di udara dan lain sebagainya. (Inilah gambar Sonic yang diiklankan di televisi): Mengacu dari penjelasan maupun gambar yang sering diperlihatkan oleh pihak CI seperti pada gambar di atas, dan juga berangkat dari tema lomba: “Be Crazy...” yang menekankan bernuansa Indonesia, maka membuat peserta pun mematok kata “Gila” sebagai “standar” dalam berlomba mencari ide brillian dan kreatif yang benar-benar gila. Menurut banyak peserta, kalau saja juri memang memilih ide yang benar-benar GILA, maka sudah pasti seluruh peserta bisa menerima keputusan juri dengan ikhlas dan lapang dada mengakuinya. Tetapi ini, katanya, tidaklah mencerminkan kriteria "Tergila" yang berkarakter Indonesia. Ide ketiga finalis itu lebih mengarah kepada hal-hal yang berkaitan dengan "KEBIASAAN" sehari-hari saja. Sehingga tidak sedikit peserta menduga, bahwa jangan-jangan lomba ini disusupi oleh sejumlah oknum CI yang tak rela hadiah 1 unit All New Aveo jadi milik "orang lain". Pasalnya, dari 3627 ide yang ada, juri ternyata hanya memilih ide yang dinilai jauh dari penggambaran dan tema yang diterapkan oleh panitia, padahal ada banyak ide yang LEBIH GILA dari ide ketiga finalis tersebut. Sehingga tidak sedikit peserta kecewa dan bahkan merasa tertipu, karena petunjuk maupun penggambaran yang selama ini diperlihatkan oleh pihak CI melalui pelaksana lombanya dinilai jauh meleset. Bahkan, tentunya banyak ide yang benar-benar dapat dinilai gila sebagai ide yang betul-betul bisa “menyaingi” iklan Sonic di Malaysia tersebut, tapi boleh dipastikan juri hanya bisa “geleng-geleng kepala”. Artinya, boleh jadi pihak CI sulit dan harus berpikir 1000 kali untuk mengorbankan 1 unit All New Aveo untuk mewujudkan ide yang benar-benar gila tersebut. Lalu bagaimana nasib para peserta (khususnya dari kalangan desainer grafiks) yang telah melahirkan ide Gilanya? Bukankah ide itu mahal? Lalu bagaimana pula “masa depan” Aveo selanjutnya dalam menghadapi persaingannya dengan mobil-mobil hatchback lainnya yang mungkin dinilai lebih sporty, elegan, dan canggih (seperti Honda Jazz dan Brio, Ford Fiesta dan Focus, serta Mazda)??? Berikut ide gila yang membuat juri kemungkinan langsung geleng-geleng kepala, tanda tak mampu untuk mewujudkan ide gila tersebut, yaitu: Klik link ini Menetas di Borobudur (ciri khas Indonesia yang telah mendunia).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline