Lihat ke Halaman Asli

Amril Taufik Gobel

TERVERIFIKASI

Smiling Blogger, Restless Father, Lovely Husband and George Clooney wannabe :) See my Blog: http://daengbattala.com

Pesan Kebangsaan Megawati dalam Kampanye Akbar di Bali

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

969318_10152276683758486_595377563_n

Pesawat berlogo "Indonesia Hebat!" yang membawa saya bersama rombongan jurnalis serta fungsionaris Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendarat mulus di Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali, Sabtu pagi (22/3), setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Sebuah kehormatan tersendiri buat saya sebagai blogger yang diundang khusus untuk menyaksikan langsung kegiatan kampanye akbar PDIP di pulau Dewata. Diatas pesawat yang didedikasikan khusus sebagai "kendaraan udara" partai berlambang banteng ini, saya menyaksikan wajah-wajah optimis dari jajaran fungsionaris DPP PDIP dimana salah satu diantaranya adalah Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Ibu Puan Maharani. Dua bis eksekutif kemudian membawa kami dari ruangan kedatangan VIP Bandara Ngurah Rai Denpasar menuju ke puri Gede Kerambitan, Tabanan. Saya teringat 2 tahun silam saat saya bersama teman-teman kantor berkunjung ke Bali dalam rangka acara Employee Gathering. Waktu itu (Februari 2012) bandara Ngurah Rai sedang dalam perbaikan/renovasi, namun saat saya tiba akhir minggu lalu, suasananya sudah jauh berbeda. Banyak perubahan yang cukup signifikan di bandara tersebut. "Pintu Gerbang" kawasan wisata terkemuka di dunia ini sudah berbenah, makin indah dan kian megah.

DSCN7934

Setelah menempuh kurang lebih satu jam perjalanan dari Bandara, rombongan kami akhirnya tiba di Puri Gede Kerambitan yang merupakan salah satu tempat yang kerap dikunjungi Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno. Ketua Umum PDIP Megawati beserta rombongan disambut langsung oleh Anak Agung Ngurah Ketut Dharma Putra, raja Puri Kerambitan. Saya menyempatkan diri menyimak penjelasan dari Sekretaris DPD Bali Adi Wiriatama yang menyatakan bahwa Puri Agung Gede Kerambitan memiliki latar belakang historis tersendiri yang begitu lekat bagi keluarga Soekarno.

DSCN7951

"Bung Karno sering ke Puri Kerambitan karena mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Raja Kerambitan yakni Anak Agung Ngurah Anom Mayun. Beliau merupakan salah satu seniman yang membawa misi kesenian Bali ke Istana Negara pada waktu itu," kata Pak Adi Wiriatama menjelaskan. Pada kesempatan tersebut, Ibu Megawati menyempatkan diri berkeliling ke sejumlah tempat penting di Puri Kerambitan termasuk menengok kamar yang kerap ditempati sang ayah, Proklamator Republik Indonesia, Soekarno saat berkunjung kesana. "PDIP memberikan perhatian besar bagi budaya dan sejarah bangsa. Kedatangan Bung Karno maupun ibu Megawati di Puri ini menunjukkan komitmen tersebut, untuk tidak melupakan sejarah dan keluhuran budaya Indonesia khususnya Bali," tambah Pak Adi Wiriatama dengan mata berbinar.

DSCN7967

DSCN7985

Dari Puri Kerambitan Tabanan, rombongan bergerak menuju lokasi kampanye rapat umum di lapangan bola Kopral I Wayan Surem, Desa Blahkiuh, Kabupaten Badung. Cuaca cukup bersahabat siang itu. Kami tiba satu jam sebelum acara dimulai. Ribuan kader "banteng" mulai berdatangan memenuhi lapangan. Panji-panji, atribut dan bendera berlambang Partai PDIP begitu semarak, termasuk para kader partai yang menggunakan kaos berlambang partai, wajah Bung Karno, Ibu Megawati termasuk Jokowi, calon presiden yang bakal diusung partai ini.

Sebuah panggung besar dan megah nampak berdiri mencolok yang tak hanya dihiasi oleh atribut partai namun juga hiasan khas bernuansa Bali. Massa yang hadir dalam kampanye akbar ini nampak begitu antusias. Saya sempat melihat seorang peserta kampanye menggunduli kepalanya dan menyisakan tulisan "Coblos No.4" serta bertingkah lucu mengundang tawa. Ada juga sebuah replika banteng berbentuk serupa barongsai dengan "baju" berwarna hitam tampil ditengah lapangan dan beraksi atraktif. Sangat meriah.

DSCN7981

Suasana makin semarak ketika musisi asal Bali Mr.Botax menyanyikan lagu fenomenalnya "PDI Perjuangan" dengan nada penuh hentak dan semangat. Spontan seluruh hadirin ikut bergoyang riang dan bersorak gemuruh bersama suara serak Mr.Botax yang menyanyikan lantang lagu itu dengan irama rock. Setelah itu tampil Jurkamnas PDIP, Rano Karno yang juga adalah Wakil Gubernur Banten. Selain mengajak mencoblos No.4 dalam Pemilu nanti, artis yang pernah menjadi pemeran utama dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" ini menyampaikan surat mandat Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri kepada Joko Widodo (Jokowi). Saya sempat melihat selebaran mandat tersebut dibagikan kepada peserta kampanye yang hadir hari itu.

DSCN8001

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline