Lihat ke Halaman Asli

Sistematika Sepatu Vans Ori

Diperbarui: 17 Mei 2023   11:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Tahun 2017 emang jadi masalah buat Vans karena distributor resmi Vans PT Gagan Indonesia kena pailit dan harus bangkrut karena bayar banyak utang. Tapi tenang, banyak KW bukan karena tidak ada store resmi kok. Sekarang udah banyak store resmi Vans di Indonesia.

Kamu harus tau dulu sistematika sepatu ORI yang mungkin diterappin setiap brand di dunia. Brand besar kebanyakan punya pabrik di seluruh dunia di antaranya ada di Vietnam, China, dan Indonesia. Nah negara ini ounya kode sendiri buat nandain ke-ORI-annya.

Dan kode-kode di sol ini sudah pasti terjamin ORI. Setelah diproduksi, sepatu itu bakal dikirim ke USA (pusat brand Vans), terus dikasih box packaging, dan disebar ke distributor Vans di selluruh Negara dunia. Akhirnya bisa dibeli deh di official store-nya Vans.

Kalua kamu nanya kenapa yang made in Indonesia gak dijual di Indonesia,ya mungkin kaena kualitasnnya bagus akhirnya brand Vns milih jual bikinan indo di region luar. Terus permasalahan banyak KW-nya di Indonesia apa? Nah sekarang kita bahas, karena masf banget tokok sepatu KW di Indonesia, alau pengen aman bei sepatu ORI mending ya beli di official store aja. Kalua pengen bukan di sana ya coba cocokin aja kode produksi di sol sepatu sama box. Oke? Coba cek deh Vans kamu ORI atau KW?

Dan pemerintah pun gak bisa nyortir apakah itu barang KW atau ORI karena ya bukan urusannya , orang toko KW aja terdaftar jadi UMKM kok. Malah jadi legal kan?Ya karena yang bisa menghanguskan usaha praktik sepatu KW ini cumin brand itu sendiri. Karena secara hukum masuknya plagiarism dan gak bisa dilaporkan oleh pihak ketiga.

Karena dasar kontruksi yang sederhana juga bisa dibilang kalu banyak prosuk local yang jadiin Vans buat kiblat merekabikin sepatu. Tapi ya nau sebagus apapun produk local yang ngiblat Vans bakal selamanya bersaing sama sepatu KW dan KW impor China.

Iya kebanyakan sepatu KW itu adalah impor dari China Gatau karena banyak pabrik disana atau karena produktivistasnya yang gila dan masif, ya banyak sepatu yang mungkin gagal QC jadi masuk ke Indonesia sebagai barang impor, iyalah China kan bisa bikin KW 1:1.

Kontruksi Vans itu vuklcanize yang bisa dibilang sederhana dan gak salah kalau banyak ditiru para Shoemaker. Nah di Indonesia sendiri, fenomena KW udah gila banget dan gak mungkin dong kalau penjual KW itu gak punya ilmu Shoemaker.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline