Lihat ke Halaman Asli

ammara syifa

Ammara Syifa Yuniar, seseorang yang menyukai kegiatan membaca dan selalu ingin belajar menulis.

True Story Excel, Pengusaha "Maicih" yang Tumbuh Mandiri dari Bawah

Diperbarui: 7 Februari 2023   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

TUGAS INDIVIDU

KISAH PENGUSAHA SUKSES

MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Nama: Ammara Syifa Yuniar

NIM: 4401422011

Rombel: Pendidikan Biologi A 2022

True Story Excel, Pengusaha "Maicih" yang Tumbuh Mandiri dari Bawah

Kang Excel, begitulah orang-orang menyapa seorang pengusaha muda bernama asli Reza Nurhilman yang berkelahiran di Bandung, 29 September 1987. Excel memulai perjuangannya dalam berwirausaha ketika lulus dari sma, tepatnya ada tahun 2005 didasari oleh tidak adanya dana untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Hingga setelahnya, Excel putar otak untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya melalui berdagang barang-barang elektronik, kaos, hingga pupuk selama kurang lebih empat tahunan berjalan. 

Menginjak tahun 2010, suatu ketika Excel pergi ke Cimahi dan bertemu dengan seorang Ibu penjual keripik singkong. Excel tertarik dan berusaha untuk mendagangkannya ke kampus-kampus daerah Bogor dan tempat keramaian yang lain. Awalnya dia melakukannya sendiri, tetapi karena keripik mulai dikenal dan membutuhkan manajemen yang terstruktur, akhirnya setelah 6 bulan berjalan, Excel berdiskusi dengan produsennya langsung untuk membesarkan pemasaran produknya. Namun tidak mendapatkan hasil yang 'match', sehingga pada akhirnya Excel melepaskan diri dan berusaha membuat keripiknya dengan resep sendiri.

Dengan nama "Maicih", Excel menjalankan usahanya yang merupakan usaha bersama keluarga. Inspirasi nama "Maicih" datang dari ibunya yang asli dari Sunda. Ibunya memperkenalkan sebutan "Maicih" Kepada Excel sebagai dompet yang digunakan untuk menyimpan emas. Kata Excel, harapannya, konsumen "Maicih" ketika memakan keripik dapat 'tericih-icih'..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline