Lihat ke Halaman Asli

Cara Meningkatkan Performa Manajemen dan Karyawan

Diperbarui: 29 Mei 2021   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Work Team | google.id

Performa Manajemen Proses mengidentifikasi, mengevaluasi dan mengembangkan kinerja karyawan dalam organisasi, sehingga tujuan dan sasaran organisasi lebih efektif tercapai, sementara pada saat yang sama memberikan manfaat kepada karyawan dalam hal pengakuan, penerimaan umpan balik, memenuhi kebutuhan pekerjaan dan menawarkan karir. bimbingan (Lansbury 1988).

Untuk meningkatkan performance management dan karyawan, organisasi mempunyai beberapa cara, diantaranya dengan membuat tim agar hubungan antar karyawan lebih baik, membuat job design dengan tugas yang sesuai dengan kompetensi para karyawan, membangun hubungan yang baik antara karyawan dengan atasan, dsb.

Menurut Dessler (2009, p. 133) ada beberapa indikator dalam kinerja karyawan, indikator tersebut yaitu: 

  1. Kualitas kerja adalah akurasi, ketelitian, dan bisa diterima atas pekerjaan yang dilakukan,
  2. Produktivitas adalah kuantitas dan efisiensi kerja yang dihasilkan dalam periode waktu tertentu,
  3. Pengetahuan pekerjaan adalah keterampilan dan informasi praktis/teknis yang digunakan pada pekerjaan, 
  4. Bisa diandalkan adalah sejauh mana seorang karyawan bisa diandalkan atas penyelesaian dan tindak lanjut tugas, 
  5. Kehadiran adalah sejauh mana karyawan tepat waktu, mengamati periode istirahat/makan yang ditentukan dan catatan kehadiran secara keseluruhan, 
  6. Kemandirian adalah sejauh mana pekerjaan yang dilakukan dengan atau tanpa pengawasan

Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi adalah dengan membuat tim untuk meningkatkan kinerja karyawan. Banyak organisasi memilih tim sebagai dasar untuk mengatur pekerjaan dan pekerja. Dampak signifikan pada manajemen kinerja di mana ada upaya tulus untuk mengubah pola kerja, untuk membangun jenis hubungan yang berbeda antara anggota tim dan pemimpin tim mereka, dan di antara anggota tim. 

Beberapa organisasi memilih kerja tim tetapi kemudian melanjutkan dengan sistem penilaian kinerja berbasis individu. Dengan diberlakukannya kerja tim,organisasi perlu mengambil pendekatan yang baik, seperti :

  • Mereka harus melakukan perencanaan, 
  • Mengelola dan meninjau perkembangan karyawan individu dan kontribusinya kepada tim kerja, dan 
  • Mereka harus merencanakan, mengelola dan meninjau kinerja tim sebagai satu unit.

Dengan beberapa cara tersebut, diharapkan agar organisasi dan karyawan dapat merencanakan sasaran dan strategi perusahaan untuk meningkatkan kinerja manajemen dan karyawan dengan baik.

Ammanda Karisa Indrisari_201860272

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline