Lihat ke Halaman Asli

Muhammad

Profesional yang tertarik dengan budaya dan teknologi Jepang

Mengenal Rumah Menshin

Diperbarui: 29 Juli 2020   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source Image : Katalog Rumah Menshin, Konsep Dan Teknologi

Kata Menshin merupakan satu kata yang mungkin sangat asing di telinga masyarakat Indonesia pada umumnya,  Menshin sendiri berasal  dari Bahasa Jepang yang memiliki pengartian sebagai sistem isolasi seismik pada bangunan rumah atau gedung bertingkat.

Apa itu Rumah Menshin?

Rumah Menshin atau dalam ilmu teknik sipil adalah Sistem  Isolasi Seismik Dasar ( Base Isolation Seismic ) yang merupakan metode rekayasa struktur pada bangunan yang efektif untuk mengurangi dampak seismik dengan mengisolasi struktur atas dari getaran tanah akibat gerakan seismik. Rekayasa Struktur dasar yang terisolasi menangkal goncangan gempa yang keras. Sementara perumahan struktur 'tahan gempa' menggunakan bangunan itu sendiri untuk menahan guncangan keras dari dasar tanah. Mekanisme isolasi adalah menyerap gaya gempa untuk mengubah getaran yang kuat  menjadi lebih kecil atau membuatnya menjadi lambat. Dengan demikian dapat melindungi orang yang ada di dalam rumah dan melindungi properti dalam rumah dengan mencegah kerusakan sekunder yang disebabkan oleh terjatuhnya furnitur atau pecahnya kaca jendela.

Rumah Menshin

Teknologi yang disebut 'Struktur Isolasi Seismik' yang mengubah getaran seismik yang merusak menjadi lebih lambat dan lebih lembut mencegah kemungkinan kerusakan. Struktur ini dapat menghindari getaran, membuatnya menjadi tenang, tidak hanya melindungi manusia namun, menjaga bangunan dan harta benda di dalamnya.

source Image : Katalog Rumah Menshin, Konsep Dan Teknologi

Rumah Tahan Gempa Non Menshin

Teknologi 'tahan gempa' memungkinkan bangunan untuk melawan gempa dengan membuat kekuatan dan ketahanannya cukup hebat untuk menahan goncangan. Meskipun dapat melindungi bangunan dengan aman, tetapi kekawatiran akan risiko dari furnitur di dalam rumah  bisa jatuh dan mecederai penghuni rumah.

source Image : Katalog Rumah Menshin, Konsep Dan Teknologi

source Image : Katalog Rumah Menshin, Konsep Dan Teknologi

Sistem Rumah Menshin Sangat Populer Di Jepang, Bermacam Metode Kontruksi Jenis Rumah Menshin Terbagun.

Salah satunya Metode Kontruksi dengan Sistem isolasi seismik hybrid yang menggabungkan multi-karet elastis ultra rendah dengan slider berlapis khusus adalah yang pertama dari jenisnya untuk rumah-rumah di Jepang. Rumah Menshin Metode ini  melakukan eksperimen  berulang-ulang dan akhirnya membuahkan hasil, memungkinkan menyediakan rumah yang tidak hanya tahan terhadap gempa tetapi, memiliki kinerja luar biasa dengan biaya yang rendah.

source Image : Katalog Rumah Menshin, Konsep Dan Teknologi

Multi-karet 

Karet yang dilaminasi berperan dalam mengisolasi bangunan pada frekuensi rendah jika terjadi gempa bumi

source Image : Katalog Rumah Menshin, Konsep Dan Teknologi

Slider
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline