Lihat ke Halaman Asli

AM M2K Malang

UIN Malang

QUZIDO MAN 2 Kota Malang: Penguatan Iman dan Kebersamaan

Diperbarui: 31 Mei 2024   16:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

MAN 2 Kota Malang memiliki tradisi yang menginspirasi dan memperkuat spiritualitas para siswanya melalui kegiatan rutin Quzido, yang merupakan singkatan dari "Qur'an, Dzikir, dan Doa". Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari di Masjid Al-Falah selepas sholat sunnah Dhuha berjamaah. Quzido bukan hanya menjadi momen refleksi bagi siswa, tetapi juga sarana untuk mempererat kebersamaan dan memperdalam pemahaman agama.

Setiap pagi, siswa-siswi MAN 2 Kota Malang berkumpul di Masjid Al-Falah untuk melaksanakan sholat sunnah Dhuha berjamaah. Selepas sholat, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran.

dokpri

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan dzikir bersama. Dzikir yang dipimpin oleh seorang guru atau siswa senior ini diisi dengan lantunan kalimat-kalimat thayyibah, tasbih, tahmid, dan takbir. Suasana masjid pun menjadi tenang dan damai, dipenuhi dengan lantunan dzikir yang menghanyutkan hati baik bagi siswa-siswi maupun jajaran guru .

Sebagai penutup, seluruh siswa dan guru yang hadir bersama-sama mengangkat tangan untuk memanjatkan doa. Doa bersama ini dipimpin oleh salah satu Imam, memohon keberkahan, keselamatan, dan kesuksesan bagi seluruh keluarga besar MAN 2 Kota Malang. Doa ini juga menjadi momen untuk memohon ampunan dan petunjuk dari Allah SWT agar selalu diberi kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup dan belajar.

Kegiatan Quzido di MAN 2 Kota Malang mendapat respons positif dari para siswa. Mereka merasa bahwa kegiatan ini memberikan ketenangan batin dan menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, kebersamaan dalam beribadah juga meningkatkan rasa persaudaraan dan solidaritas antar siswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline