Lihat ke Halaman Asli

ADELIA MIFTAHULJANNAH

Mahasiswa/ Politeknik Pariwisata Medan/ DEP

Kontribusi Lembaga dalam Pengembangan Desa Wisata Timbang Jaya: Landak River Menjadi Destinasi Andalan

Diperbarui: 16 Oktober 2023   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

karogaul.com

Pariwisata adalah salah satu sektor utama yang mempunyai peran penting bagi pendapatan dan pembangunan ekonomi suatu daerah. Salah satu Program Pemerintah adalah Pengembangan Pariwisata berbasis masyarakat (CBT) melalui Desa Wisata. 

Pengembangan Pariwisata melalui Desa wisata diharapkan menarik kunjungan wisatawan, dan diharapkan juga memberi dampak bagi masyarakat lokal dalam aspek ekonomi dan sosial serta melibatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata lokal mengenai Desa Wisata.

Salah satu Desa Wisata yang memberi dampak untuk pembangunan ekonomi masyarakat lokal adalah Desa Wisata Timbang Jaya.Desa Timbang Jaya, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, merupakan salah satu desa wisata yang memiliki potensi luar biasa. 

Desa ini memiliki berbagai daya tarik wisata, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata budaya lokal. Desa Timbang Jaya adalah Pemekaran dari Desa Timbang Lawan, berdasarkan Keputusan Bupati Langkat Nomor : 7 Tahun 2004 dan hasil musyawarah, maka desa Timbang Lawan di mekarkan menjadi Desa Timbang Jaya, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. 

Desa Timbang Jaya di tetapkan sebagai Desa Wisata berdasarkan Keputusan Bupati Langkat No. 556-26/K/2021 Tentang Penetapan 7 ( Tujuh ) Desa Wisata di Kabupaten Langkat.Timbang Jaya memiliki 6 dusun yaitu Dusun I Landbau, Dusun II Perikanan, Dusun III Gotong Royong Hilir, Dusun IV Wisata Bukit Lawang, Dusun V Gotong Royong Dalam, dan Dusun VI Gotong Royong. Ada terdapat surga tersembunyi di Desa Wisata Timbang Jaya yang memiliki potensi luar biasa yaitu Landak River.

Landak River dibentuk pada tahun 2014 oleh sekelompok masyarakat Desa Timbang Jaya, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Kelompok ini melihat potensi Sungai Landak sebagai destinasi wisata yang menarik, karena sungai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan airnya yang jernih dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis.

Pada awalnya, Landak River hanya menjadi destinasi wisata lokal. Namun, seiring berjalannya waktu, Landak River semakin dikenal oleh wisatawan dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri. 

Hal ini berkat promosi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat.Landak River menawarkan berbagai aktivitas wisata, seperti susur sungai, rafting, berkemah, dan melihat orangutan di habitat aslinya. 

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Desa Timbang Jaya, seperti ikan bakar, sambal tempoyak, dan ubi kayu rebus.Landak River menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Langkat. Wisata ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, baik dari segi ekonomi maupun sosial.

Tau gak sih sob? Ada beberapa lembaga loh yang ikut serta dalam pengembangan surga tersembunyi di Desa Wisata Timbang Jaya yaitu Landak River. Dan berkat dukungan dari lembaga lembaga tersebut, surga tersembunyi kini di temukan di Kabupaten Langkat.Ayo kita intip siapa saja lembaga yang berkontribusi dalam pengembangan desa wisata

Guyss, peran lembaga itu sangat  penting lho dalam mewujudkan wisata berkelanjutan. Dan tentunya perlu kontribusi dari Lembaga-Lembaga dengan memberikan dukungan dalam hal infrastruktur, promosi, dan pemberdayaan masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline