Lihat ke Halaman Asli

Hubungan PR dengan Komunikasi

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Public relations (PR) senantiasa berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan muncul suatu dampak, yakni berupa perubahan yang positif. Dengan demikian, kunci sukses PR adalah melalui komunikasi. Artinya, keberhasilan PR untuk mencapai tujuannya bergantung kepada sejauh mana PR itu dapat menjalin hubungan dengan masyarakatnya, baik khalayak internal maupun eksternal.

Publik PR dalam suatu organisasi/perusahaan yang terdiri dari publik internal dan eksternal, mempunyai karakteristik yang berbeda. Artinya, seorang PR profesional harus mempunyai keahlian komunikasi dalam menghadapi publik yang berbeda. Misalnya, perusahaan Jasa Marga mempunyai public internal dan eksternal yang berbeda dengan organisasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) lingkungan hidup . karakteristik, termasuk latar belakang pendidikan, social, dan budaya public internal perusahaan Jasa Marga berbeda dengan organisasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) lingkungan hidup.

Informasi yang dibutuhkan oleh masing-masing publik pun berbeda. Jika, informasi yang dibutuhkan oleh karyawan berkaitan dengan kesejahteraan, kebijakan organisasi, dan pertumbuhan organisasi. Maka, informasi yang dibutuhkan oleh media adalah informasi organisasi yang mempunyai news value dan sesuai dengan kebijakan media.

Untuk itu, PR senantiasa mengemban misi untuk memberikan pelayanan informasi kepada publiknya tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kebijakan, kegiatan dan tindakan organisasi/perusahaan. Pelayanan informasi tersebut hanya dapat dilaksanakan melalui komunikasi.

Melalui komunikasi pula, PR dapat menyampaikan informasi, mendorong/-memotivasi, mempersuasi, mempengaruhi, dan merubah sikap khalayak/publik.

Tugas PR adalah untuk membina hubungan baik, saling pengertian, saling membutuhkan, dan saling mendukung antara organisasi di satu pihak dengan publiknya di lain pihak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline