Lihat ke Halaman Asli

Amisha Patel

Mahasiswa

Adaptasi Danau Toba terhadap Lingkungan

Diperbarui: 24 Mei 2023   12:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Danau Toba adalah salah satu fenomena alam yang begitu luar biasa beberapa pendapat mengatakan danau ini terbentuk karena ledakan luar biasa gunung berapi yaitu gunung toba sekitar 74.000 tahun yang silam. Terdapat satu pulau yangberada tepat di tengah tengah danau toba yaitu pulau samosir yang diberi julukan sebagai pulau samosir kepingan surga. Banyak legenda yang bisa ditemui dalam cerita asal danau toba ini.

Danau ini terletak di Provinsi Sumatra Utara tepatnya di Kebupaten Toba di mana penduduk di sekitaran danau toba ini mayoritas suku batak. Pemukiman pemukian tradisional Batak masih sangat begitu terjaga biasa disebut ”bona pasogit” yang memiliki arti tempat kelahiran. Keindahan yang dimiliki danau toba ini tidak kalah dengan wisata internasional yang ada di penjuru dunia bukit yang menjulang tinggi hijaunya hamparan sawah yang terbentang dari ujung keujung danau toba begitu memanjakan mata karena selain nelayan bertani adalah pekerjaan pokok yang dilakoni para penduduk di pinggiran danau toba.

Tidak hanya alamnya danau Toba memiliki eksistensi yang luar biasa dalam mengundanng paraorang orang untuk menjelajahi lokasi tersebut seperti budayanya, sejarahnya ,dan juga arkeologinya . kesempatan ini tidak di siasiakan oleh masyarakat setempat guna mencukupi kebutuhan hidup masyarakat setempat . masyarakat setempat menjadikan danau Toba ini menjadi sumber pendapatan dalam memenuhi kebutuhan bahan baku , pangan, serta tempat beraktivitas dengan menciptakan bebrapa objek wisata yang sanat menarik dan begitu indah di barengi dengan view danau Toba yang tiada duanya . Tak jarang ketika kita berkunjung ke danau toba akan di sambut langsung beberapa objek wisata yang langsung menghadap ke danau Tobabiasa di sebut dengan “panatapan “

Banyaknya wisata yang terdapat di danau Toba sudah pasti memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi dan lingkungan . banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke danau toba mampu melahirkan lapangan pekerjaan dalam bidang langsung dan tidak langsung. Hotel yang ramai pengunjung restoran yang di padati oleh para pembeli dan usaha usaha kecil akan mengalami pengembangan usaha .ini memberikan peluang ekonomi masyarakat dalam mengubah kualitas hidup.Namun dengan meningkatnya jumlah wisatawan akanmenyebabkan masalah peningkatan limbah,polusi air,dan habitat habitat fauna di sekitar danau Toba .

Perubahan lingkungan global seperti iklim dan peningkatan pariwisatamemiliki pengaruh adaptasi lingkungan di sekitar danau Tobaupasa konservasi berkelanjutansangat penting di terapkan dalam terwujudnya keberlanjutan lingkungan danau Toba yang indah dan kesejahteraan masyarakat setempat .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline