Lihat ke Halaman Asli

Amirullah Adi S

Institut Pertanian Bogor

Manajemen Sumber Daya Lingkungan dan Kesejahteraan Keluarga Sandwich di Area Pertanian

Diperbarui: 5 Mei 2023   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

The Matter of Food (@thematteroffood) | Unsplash Photo Community 

Dewasa ini telah banyak orang menyadari bahwa kehidupan keluarga merupakan hal yang fundamental dari kehidupan masyarakat yang dicita-citakan yaitu keluarga yang sejahtera. Kenyataan sejahtera ini bukanlah hanya angan-angan dan harapan, tetapi sesuatu yang harus diusahakan, dilaksanakan, dan dicapai. Pencapaian pada cita-cita ini harus dilaksanakan dengan perbuatan nyata dalam kehidupan, khususnya dalam kehidupan keluarga. 

Keluarga adalah unit dasar masyarakat yang secara terus menerus dipertahankan dari waktu ke waktu. Dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, keluarga perlu menyadari bahwa hidup di abad 21 ini menghadapi banyak tantangan yang berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya keluarga. 

Manajemen sumberdaya keluarga dilakukan untuk membuat keputusan, merencanakan, dan berperilaku untuk memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan tugasnya dalam masyarakat yang kompleks. Setiap keluarga memiliki tipe pengambilan keputusan yang berbeda sehingga menciptakan keragaman manajemen sumberdaya keluarga. Berdasarkan hasil wawancara kepada kelima keluarga didapatkan bahwa pengambilan keputusan yang diterapkan adalah tipe pengambilan keputusan konsensual. 

Keputusan konsensual adalah keputusan yang dibuat secara bersama-sama dan dapat diterima oleh semua individu yang terlibat. Dalam hal ini, para narasumber dan keluarganya melakukan diskusi terkait manajemen sumber daya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Para narasumber dan keluarga berencana untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dan memanfaatkan sumber daya dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya. 

Seperti yang ditulis dalam penelitian Kusumaningrum (2018) bahwa tantangan ini semakin terlihat pada generasi yang disebut dengan sandwich generation. Sandwich generation adalah generasi setengah baya yang memiliki orang tua lanjut usia dan memiliki tanggungan kepada anak-anaknya. Sandwich generation menggambarkan suatu kondisi bahwa mereka sedang terjepit dalam suatu pilihan antara harus menanggung orang tua ataukah anak-anaknya. 

Menurut pengertian dari penelitian Husain et al. (2021) dapat dikatakan bahwa kondisi sandwich generation ini dapat terjadi baik pada perempuan maupun laki-laki. Kemudian, kondisi ini juga dapat melahirkan suatu permasalahan baru bagi sandwich generation yang memiliki beban tanggungan yang berat, bahkan tidak hanya fisik, namun juga pada mental yang dapat memicu stres. Tidak jarang juga, banyak sandwich generation lebih mementingkan kebutuhan orang tua maupun anggota keluarga lainnya daripada diri sendiri maupun anak-anaknya. 

Lahirnya sandwich generation disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) minimnya literasi keuangan, kurangnya pemahaman mengenai literasi keuangan biasanya menyebabkan individu sebagai generasi pertama dalam keluarga tidak menyiapkan dana pensiun sehingga ketika sudah memasuki usia tidak produktif diperlukan generasi kedua untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga; 2) Orang tua yang berumur panjang dan non produktif sehingga anak sulit mencapai kemandirian dari segi finansial; dan 3) memiliki kebiasan konsumtif dalam membeli barang. 

Menurut Yuliana (2021), peran ganda yang dijalankan oleh sandwich generation dapat berimplikasi pada penurunan kesehatan, peningkatan stres, dan ketidakmampuan untuk menemukan keseimbangan dalam hidupnya, terlebih sebagai seorang pekerja. MacEwen dan Barling (1994) menjelaskan bahwa umumnya hal ini dapat disebut sebagai konflik peran, yaitu konflik yang terjadi ketika terdapat beberapa permintaan peran secara sekaligus pada diri individu, yang individu tersebut tidak dapat memenuhi beberapa peran yang diminta tersebut.

Konflik peran yang terjadi juga dapat dialami oleh sandwich generation karena selain mereka harus mencari nafkah untuk menghidupi keluarga, mereka juga perlu memberikan kebutuhan seperti dukungan emosional, afeksi, sosial, serta finansial kepada anggota keluarga yang terdiri dari dua sampai tiga generasi yang berbeda dalam satu rumah yang sama. 

Tidak menutup kemungkinan bahwa sandwich generation memiliki perubahan pada keberfungsian sosial diri individu akibat berbagai kewajiban yang harus dijalankan secara bersamaan dengan tuntutan untuk memenuhi berbagai kebutuhan secara fisik, emosional, dan finansial dari orang-orang yang menjadi tanggungannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline