Lihat ke Halaman Asli

amirul nasikhisubkhi

saya adalah mahasiswa universitas negeri malang fakultas ekonomi dan bisnis.

Bersama UMKM Bisa Melawan Resesi

Diperbarui: 20 Februari 2023   19:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar di atas adalah contoh pelaku UMKM di sebuah pasar.

Akhir 2022 dan awal 2023 banyak beredar isu terkait resesi yang akan terjadi pada 2023, isu itu ramai dibicarakan di media sosial. Lalu apa sebenarnya resisi itu? Resesi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan dimana perputaran ekonomi suatu negara berubah menjadi lambat atau buruk. Perputaran ekonomi yang melambat ini bisa berlangsung cukup lama bahkan tahunan akibat dari pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) suatu negara menurun selama dua kuartal dan berlangsung secara terus menerus.

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya resesi antara lain inflasi, deflasi berlebih, gelembung asset pecah, guncangan ekonomi meledak, perkembangan teknologi, tidak seimbangnya produksi dan konsumsi, pengagguran yang tinggi, pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan selama dua kuartal berturut-turut dan juga impor yang lebih besar daripada ekspor. Lalu apa saja dampak resesi ini? Dampak resesi ada beberapa hal diantaranya perekonomian negara tidak stabil, perusahaan mengalami penurunan pemasukan, terjadinya PHK besar besaran, dan juga jumlah penganguran meningkat.

Menanggapi berbagai isu terkait resesi 2023 kita harus waspada dan memikirkan apa solusi atau upaya menghadapi resesi itu apabila benar-benar terjadi. Berkaca pada pandemi covid 19 kemarin ada banyak upaya untuk bertahan atau survive dari kondisi perekonomian yang tidak stabil. Salah satu yang cukup menjadi daya Tarik adalah UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah, sebuah cara untuk bertahan di tengah ketidakstabilan kondisi perekonomian dengan banyaknya PHK, pengangguran dan kesulitan mendapatkan pekerjaan mungkin UMKM akan mejadi solusi. UMKM dinilai menjadi solusi karena merupakan sebuah usaha yang minim modal, pengelolaan relatif mudah dan yang diproduksi mayoritas adalah kebutuhan sehari-hari misalnya makanan ataupun jasa yang pastinya setiap orang akan membutuhkan itu setiap harinya. Adanya UMKM akan mengurangi pengangguran dan juga akan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang belum bekerja atupun kehilangan pekerjaannya. Selamat berjuang untuk para tulang punggung keluarga*




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline