Lihat ke Halaman Asli

AMIRUDIN

Mahasiswa

Sejarah Dan Ruang Lingkup Ekologi

Diperbarui: 6 Mei 2024   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Ekologi sangat erat hubungannya dengan lingkungan sekitar kita. Saat ini keberadaan materi dan konsep yang dipelajari dalam ekologi semakin dibutuhkan dan menjadi dasar untuk dapat diterapkan oleh berbagai kalangan dalam rangka membangun lingkungan yang berkelanjutan. 

Apakah ekologi? Kata Ekologi pertama kali diusulkan oleh ahli biologi asal Jerman Ernst Haeckel pada tahun 1866. Kata ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos berarti “rumah atau tempat untuk hidup” dan logos yang berarti “ilmu”. Jadi secara harfiah ekologi adalah ilmu tentang rumah tangga atau tempat tinggal organisme. Biasanya ekologi didefinisikan sebagai kajian hubungan organisme atau kelompok organisme terhadap lingkungannya atau ilmu hubungan timbal balik antara organisme hidup dengan lingkungannya (baik biotis maupun abiotis). Ekologi juga dikenal orang sebagai istilah ilmu lingkungan hidup atau ilmu lingkungan.

Mengacu kepada pendapat Ernst Haeckel (1866) seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dimana ekologi sebagai ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dan lingkungannya, maka ekologi tidak akan pernah lepas dari lingkungan. Dalam definisi kerja, para pakar menggunakan istilah lingkungan adalah ekosistem dan sebaliknya ekosistem adalah lingkungan. Berdasarkan definisi kerja tersebut maka pengertian lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Dengan demikian pengertian ekosistem adalah suatu sistem yang terdiri atas komponen-komponen biotik (hidup) dan abiotik (tak hidup) dan saling berhubungan timbal balik atau saling berinteraksi.

Secara ringkas, ruang lingkup ekologi dapat digambarkan melalui spektrum biologi, yang menggambarkan aras-aras organisasi kehidupan sebagai berikut : 

1. Protoplasma adalah zat hidup dalam sel dan terdiri atas senyawa organik yang kompleks, seperti lemak, protein, dan karbohidrat.

2. Sel adalah satuan dasar suatu organisme yang terdiri atas protoplasma dan inti yang terkandung dalam membran. Membran merupakan komponen yang menjadi pemisah dari satuan dasar lainnya.

3. Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi sama, misalnya jaringan otot.

4. Organ atau alat tubuh merupakan bagian dari suatu organisme yang mempunyai fungsi tertentu, misalnya kaki atau telinga pada hewan, dan daun atau akar pada tumbuhan.

5. Sistem organ adalah kerja sama antara struktur dan fungsi yang harmonis, seperti kerja sama antara mata dan telinga, antara mata dan tangan, dan antara hidung dengan tangan.

6. Organisme adalah suatu benda hidup, jasad hidup, atau makhluk hidup.

7. Populasi adalah kelompok organisme yang sejenis yang hidup dan beranak pada suatu daerah tertentu. Contohnya populasi rusa di pulau Jawa, populasi banteng di Ujung Kulon, populasi badak di Ujung Kulon, dan populasi ayam kampung di Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline