Lihat ke Halaman Asli

amirmahmuda

Writing on the wall

HSBC BWF World Tour Final 2021, Indonesia Sukses Kirim 2 Wakil ke Semifinal

Diperbarui: 4 Desember 2021   06:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Minions (atas) dan Greysia / Apriani (bawah) sumber : badmintonphoto

Babak penentuan di fase grup HSBC BWF World Tour Final 2021 sudah selesai dilaksanakan di Bali, pada 03 Desember 2021. Ada 4 wakil Indonesia yang bertanding. Kevin Sanjaya / Marcus F Gideon di sektor ganda putra dan Greysia Polii / Apriani di sektor ganda putri berhasil mengamankan tiket ke semifinal setelah menang dari lawan-lawannya. Sedangkan Yeremia / Pramudya sudah pasti tidak bisa ke semifinal karena sudah kalah 2 kali dan Praven Jordan / Melati Daeva harus tertinggal di fase grup setelah mengalami kekalahan.  

Di sektor ganda putra, Pramudya Kusuma Wardana / Yeremia Rambitan, sudah dipastikan tidak lolos ke babak semifinal karena sudah mengalami 2 kali kekalahan dari pertandingan sebelumnya. Di pertandingan ketiga ini, Pramudya / Yeremia akan berhadapan dengan pasangan ganda putra asal Perancis, Christo Popov / Toma Junior Popov. Bertanding di Lapangan 1, Pramudya / Yeremia yang sudah unggul head to head 1-0 atas Christo / Toma, bermain dengan apik dan tampil mendominasi sehingga menang 21-15 dan 21-16. Dengan kemenangan ini, Pramudya/Yeremia finish di posisi 3 Grup B dengan satu kemenangan dan 2 kekalahan dan tak dapat lanjut ke babak semifinal.

Terlepas dari kandas di fase grup, partisipasi Pramudya / Yeremia di HSBC BWF World Tour Final 2021 ini merupakan hal yang sangat berharga karena Pramudya / Yeremia dapat belajar mematangkan pola permainan dan dapat banyak pengalaman berharga untuk menjadi ganda top di masa depan.

Di Grup A, Kevin Sanjaya / Marcus F Gideon ( Minions) berhasil menjadi juara grup setelah mengalahkan ganda putra asal Denmark, Kim Astrup / Anders Skaarup dengan pertandingan yang mengandung "ketengilan" Kevin, 3 game 21-15; 18-21; 21-9. The Minion menempati posisi puncak setelah di fase grup tidak mengalami kekalahan dari rivalnya dan sukses mengambil tiket ke semifinal.

Di babak semifinal, Minions akan berhadapan dengan Lee Yang / Wang Chi Lin, peraih emas olimpiade asal Taipei. Di Fase grup, Minions menang 2 game langsung dengan skor yang sangat ketat, 23-21; 21-19. Minions unggul head to head 4-1 atas pasangan Taipei ini. Semoga saja, di semifinal Minions dapat melanjutkan tren kemenangan sehingga dapat melaju ke babak final.

Di sektor ganda putri, Greysia Polii / Apriani Rahayu sukses melenggang ke semifinal setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Pearly Tan / Thinaah M dengan pertandingan 2 game, 21-18; 21-11. Dengan kemenangan ini, Greysia / Apriani menjadi runner up grup A dengan raihan dua kali menang dan sekali kalah.

Di babak semifinal, Greysia / Apriani akan berhadapan dengan jawara Indonesia Open 2021, Nami Matsuyama / Chiharu Shida, pasangan asal Jepang. Di pertandingan terakhir, Greysia / Apriani kalah di final Indonesia Open 2021 oleh Nami / Chiharu. Harapan terbesar untuk Greysia / Apriani di babak semifinal adalah dapat menundukan dan revans atas Nami / Chiharu yang sedang dalam peak performance. Tentu saja, jika Greysia / Apriani masuk ke final, akan ada sejarah baru bagi ganda putri Indonesia dan penyemangat bagi ganda putri muda Indonesia untuk terus berkembang.

Di sektor ganda campuran, Praveen Jordan / Melati Daeva harus kandas di fase grup karena di pertandingan penentuan harus kalah ditangan pasangan Hongkong, Tang Chun Man / Tse Ying Suet dengan pertandingan 2 game, 21-11; 21-15. Cukup disayangkan karena Praveen / Melati seperti tidak memiliki perkembangan berarti karena selalu kalah di babak-babak awal. 

Salam Olahraga, 

Salam Kompal. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline