Lihat ke Halaman Asli

amirmahmuda

Writing on the wall

Hasil Malaysia Open 2019, Era Kebangkitan Tiongkok dan Kembalinya Lin Dan

Diperbarui: 7 April 2019   18:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Huang Yaqiong/Zheng Siwei at podium| twitter @badmintalk

Turnamen Badminton World Federation (BWF) Super 750 Celcom Axiata Malaysia Open 2019 sudah menyelesaikan partai final. Berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, wakil Tiongkok sukses memboyong 4 gelar sekaligus dan menjadikan Tiongkok juara umum di turnamen ini. 

Gelar yang didapat ini dipastikan setelah 3 partai All Tiongkok Final, yaitu di sektor ganda campuran (XD), ganda putri (WD) dan tunggal putra (MS). Gelar tambahan diperoleh pada sektor ganda putra setelah mengandaskan lawannya. Pada sektor ganda putri tetap dipegang oleh sang juara bertahan, Tai Tzu Ying, ratu bulutangkis asal Taipei.

Sektor XD

Peringkat 1 dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, masih menunjukan dominasinya setelah menundukan rival senegaranya, Wang Yilyu/Huang Dongping dengan 2 game langsung, 21-17, 21-13. Dengan kemenangan ini, Zheng/Yaqiong membalaskan dendamnya setelah pada Final BWF tour 2018 kalah di final oleh Wang/Dongping dengan pertarungan rubber game. 

Tiongkok memiliki banyak unggulan di sektor ini. Terlihat bahwa 2 nama di atas merupakan peringkat 1 dan 2 dunia. Dominasi Tiongkok di sektor ini juga tidak main-main, hampir diseluruh turnamen yang mereka ikuti dimenangkan oleh XD dari Tiongkok ini. 

Sektor WD

Jia Yifan/Chen Qingchen| twitter @badmintalk

Final di sektor ini terbilang cukup mengejutkan. Biasanya kita akan melihat WD dari Jepang yang akan bertanding di partai ini. Dalam hal peringkat, WD Jepang juga mendominasi dengan bertengger di nomor 1-3.

Sektor WD kali ini menyajikan All Tiongkok Final dengan mempertemukan Chen Qingchen/Jia Yifan, yang berstatus unggulan 4, dan Li Yinhui/Du Yue. Chen/Jia sangat bersemangat untuk memperoleh gelar ini, terbukti dengan teriakan yang sangat keras ketika menambah poin dan sergapan depan net yang membuat lawan tak bekutik. Chen/Jia menang dengan 2 game langsung, 21-14, 21-15.

Terjadinya All Tiongkok Final di sektor ini membuktikan bahwa WD tiongkok telah bangkit kembali.

Sektor MS

Lin Dan dan Chen Long| twitter @badmintalk

Pertarungan seru dan berkelas disajikan oleh 2 peraih medali emas olimpiade, Chen Long, emas olimpiade 2016, dan Lin Dan, peraih emas olimpiade 2004, 2008. Lin Dan keluar sebagai juara setelah mengalahkan Chen Long dengan rubber game 9-21, 21-17, 21-11.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline