Lihat ke Halaman Asli

Amir Lutfi

Mahasiswa uin suska

Bapak Visioner Pekanbaru

Diperbarui: 5 Desember 2019   22:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kota Pekanbaru adalah sebuah kota yang letaknya strategis yakni berada ditengah Provinsi Riau,yang merupakan ibukota provinsi Riau. Seiring dengan bergulirnya otonomi daerah dan bergantinya kepemimpinan, Kota Pekanbaru terus berkembang pesat dalam satu dekade terakhir.Pekanbaru menjelma menjadi kota harapan baru di Negara Republik Indonesia. Pekanbaru juga tumbuh menjadi salah satu pusat kegiatan nasional dan memberi pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi regional khususnya wilayah Sumatera.

Keberhasilan dan kemajuan yang berhasil dicapai selama ini tentu tidak terlepas dari kepemimpinan Wali kota dan dukungan masyarakat, khususnya dalam mewujudkan visi pembangunan Pekanbaru.

Inilah yang menjadi kunci sukses pembangunan, apalagi Pekanbaru tidak memiliki sumber daya alam sebagai modal, maka yang menjadi modal pembangunan adalah masyarakat (SDM), yaitu masyarakat berkualitas (masyarakat unggul) atau yang disebut masyarakat madani.

Pada periode pertama Firdaus-Ayat (2012-2017) visi yang diusung adalah 'Terwujudnya Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan Madani', metropolitan untuk fisik kotanya dan madani untuk masyarakatnya. Sedangkan untuk periode kedua (2017-2022) pasangan Firdaus-Ayat dipercaya kembali oleh masyarakat memegang amanah menjadi pelayan masyarakat dengan mengusung visi 'Terwujudnya Pekanbaru Smart City Madani. Smart City adalah lanjutan dari konsep pembangunan kota metropolitan pada periode pertama, sedangkan madani adalah konsep masyarakat unggul, sama seperti periode sebelumnya dan tetap menjadi visi pada periode kedua yang berkelanjutan.

Firdaus-Ayat menerapkan strategi pembangunan yang adaptif dan visioner yang mengedepankan inovasi dan kreativitas dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan, sejalan dengan konsep kota cerdas yang ingin diwujudkan.Perkembangan dan dinamika Pekanbaru tidak terlepas dari perhatian pemerintah pusat, yang menilai bahwa Pekanbaru sangat cocok dan siap untuk implementasi berbagai pilot project (proyek percontohan) dalam mengatasi berbagai permasalahan perkotaan, pengembangan kebijakan dan kegiatan strategis nasional khususnya di bidang infrastruktur perkotaan, pelayanan publik dan kebijakan lainnya.

Pilot project disamping sebagai bentuk penghargaan terhadap komitmen pemerintah kota Pekanbaru dalam mengatasi berbagai masalah perkotaan juga merupakan bantuan yang diharapkan berdampak langsung terhadap percepatan pembangunan di Pekanbaru sehingga keberhasilan ini nantinya dapat ditularkan ke daerah-daerah lain.

Disamping menjadi pilot project untuk berbagai program dan kegiatan strategis nasional, Pekanbaru juga memiliki inovasi dan kreatifitas yang lebih cepat atau lebih awal dari daerah-daerah lain bahkan dari pemerintah pusat, beberapa terobosan ini kemudian dijadikan referensi dan rule model dalam penyusunan kebijakan dan kegiatan strategis yang dinilai sukses dan layak menjadi contoh dan dikembangkan di daerah-daerah lain.

Saat ini Pekanbaru, sudah menjadi referensi dan perhatian pemerintahan nasional, yang paling diharapkan saat ini dan kedepan adalah dukungan, partisipasi serta kepercayaan dan keikutsertaan masyarakat luas dalam mensuksekan program pembangunan di Kota ini, baik dalam urusan kesehatan, pendidikan, lingkungan, keagamaan, dan ekonomi kerakyatan.

Berkat pencapaiannya tersebut, DR.H Firdaus ST MT mendapat penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri (KEMENDAGRI) yaitu pengahrgaan sebagai Pemimpin Visioner dan mendapatkan sertifikatnya. Sertifikat Visioner Leader merupakan bentuk apresiasi bagi kepala daerah yang berprestasi dan membuat inovasi yang mengagumkan dalam penyelenggaraan pemerintahan.Ini adalah hasil dari pengujian implementasi dari Program smrat city Madani yang diuji langsung oleh Dirjen Otda kemendagri serta Bappenas dan Konsultan Nasional Januari 2018 lalu.

Tidak hanya mendapat penghargaan sebagai bapak visioner,Firdaus juga mendapat penghargaan sebagai tokoh inspiratif dari Sindo Weekly yang merupakan grup MNC bekerjasama dengan empat kementrian.

Penghargaan tokoh inspiratif merupakan apresiasi terhadap mengembangkan program smart city madani yang telah dirintis walikota Pekanbaru. Sekaligus kota Pekanbaru mendapatkan predikat Kota Tujuan Investasi Terbaik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline