Lihat ke Halaman Asli

Amira Yuniar

Sebagai Sarana Pengumpulan Tugas

Apa sih Bedanya Belajar dengan Pembelajaran?

Diperbarui: 24 Mei 2021   14:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengetahui perbedaan belajar dan pembelajaran (ilmu-pendidikan.net)

"Kakak memangnya belajar dengan pembelajaran itu berbeda ya?" Ujar Adik saya. Hal ini yang membuat saya untuk mencari tahu apa saja persamaan dan perbedaan dari kata ini. Dilihat dari penulisan dan pengucapannya pun sudah berbeda maka arti yang dimilikinya pun berbeda.

Pengertian Belajar

Belajar merupakan kegiatan berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap jenjang pendidikan. Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting dalam keseluruhan proses pendidikan.

Belajar adalah proses atau usaha yang dilakkan tiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari. Biasanya kegiatan belajar ini dilakukan disekolah, dirumah, dilaboraturium dan dimana saja. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks.

Menurut Vernon S. Gerlach & Donal P. Ely dalam bukunya teaching & Media-A systematic Approach (1971) dalam Arsyad (2011:3) mengemukakan bahwa "Belajar adalah perubahan perilaku, sedangkan perilaku itu adalah tindakan yang dapat diamati. Dengan kata lain perilaku adalah suatu tindakan yang dapat diamati atau hasil yang diakibatkan oleh tindakan atau beberapa tindakan yang dapat diamati."'

Baca juga : Belajar dan Pembelajaran

Sedangkan menurut Gagne dalam Whandi (2007) belajar didefinisikan sebagai "suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya akibat suatu pengalaman."  Slameto (2003:5) menyatakan belajar adalah "suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagi  hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya."

Lebih lanjutnya menurut Abdillah (2002) dalam Aunurrahman (2010:35) menyimpulkan bahwa " belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu."

Dengan demikian dapat disimpulkan Belajar adalah perubahan tingkah laku pada individu-individu yang belajar. perubahan itu tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga bentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, penyesuaian diri. Jadi, dapat dikatakan bahwa belajar itu kegiatan jiwa raga yang menuju perkembangan pribadi manusia seutuhnya.

Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran merupakan penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar pada diri siswa dan mengajar untuk guru. berorientasi pada kegiatan mengajarkan materi yang berorientasi pada kegiatan mengajar materi yang berorientasi pada pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa sebagai sasaran pembelajaran. Dalam proses ini akan mencakup berbagai komponen lainnya seperti kurikulum yang ada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline