Lihat ke Halaman Asli

Generasi Qur`ani Harapan Masa Depan Bangsa

Diperbarui: 18 Juni 2022   07:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Generasi Qur`ani Harapan Masa Depan Bangsa

Oleh: Amirudin, M.Pd.

Generasi Qur`ani, Sopo sih, Sampean?

Generasi Qur`ani adalah sebuah generasi yang menjadikan Al-Qur`an sebagai pedoman hidup mereka serta meyakini kebenarannya. Mereka mencintai Al-Qur`an melalui gemar membaca, menghafalkan, dan mentadabburi atau memahami serta mengamalkan kandungannya. Generasi inilah yang disebut sebagai generasi terbaik sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

"Sebaik-baik di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya." (HR. Bukhari).

Menghafalkan Al-Quran merupakan keutamaan generasi para sahabat terbaik di masa Rasulullah SAW. Bahkan Rasulullah SAW lebih mengutamakan para sahabatnya yang hafal Al Qur'an saat beliau ingin mengutus sekelompok orang. Beliau berpesan, "Hendaklah yang menjadi pemimpin kalian adalah yang paling banyak hafalan Al-Qur`annya. (HR. Bukhari).

Tidak dapat dipungkiri, sebagian kalangan ada yang bersikap pesimis memandang generasi Indonesia di masa depan. Hiruk pikuk kenakalan remaja, penyimpangan sosial di kalangan pemuda, dan disorientasi sebagian pelajar dalam memandang pendidikan di negera kita, serta segudang permasalahan lainnya yang mendera bangsa ini menjadi catatan penting dalam perbincangan banyak kalangan.

Probematika Peneguhan kembali keyakinan dan optimisme terhadap solusi yang diharapkan nampak menemukan titik terang pada generasi yang sedang tumbuh subur di masyarakat, khususnya lembaga pendidikan, berupa generasi Qur`ani. Meski gerakan ini tidak masif atau merata di lingkungan masyarakat atau lembaga pendidikan dengan atau by design yang matang berupa bentuk-bentuk program, namun benih-benih semangat menggapai mimpi terwujudnya generasi Qur`ani harus terus digelorakan. Bagaikan nyala api yang terpendar, maka generasi Qur`ani bisa menjadi letupan-letupan terang bercahaya yang bisa menjadi solusi terhadap kegelisahan berbagai kalangan dalam memandang generasi Indonesia di masa yang akan datang.

Program Tahfidz Sekolah

Upaya menghafal Al-Qur`an dalam sebuah lembaga pendidikan diwujudkan melalui program Tahfizh Al-Qur`an. Program Tahfizh di SMP Islam Al-Azhar 9 Bekasi meliputi program menjaga hafalan (ri'ayah) melalui proses pengulangan hafalan  atau muraja'ah dan proses menambah hafalan (ziyadah) dengan menyetorkan hafalan baru kepada seorang guru atau ustaz. Adapun disain program Tahfizh Al-Qur`an di SMP Islam Al Azhar 9 Bekasi dalam bentuk agenda kegiatan adalah sebagai berikut:

  • BENTUK KEGIATAN
  • Harian 
  • Tiket Hafalan; setiap pagi sebelum masuk gedung sekolah murid menyetorkan hafalan bersama kakak osis/anak kelas tahfizh dan didampingi oleh bapak/ibu guru.

Tasmi' Al-Qur`an; program memperdengarkan hafalan Al-Qur`an murid di pagi hari secara terjadwal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline