Indonesia memiliki banyak sekali destinasi (tujuan) wisata yang menarik dan indah di pandang mata, seperti misalnya Bali dengan pantai kutanya, juga Magelang di jawa tengah dengan Candi Borobudurnya serta Jakarta dengan tugu monasnya dan lain sebagainya. Tak heran jika para turis asing berbondong bondong datang ke Indonesia untuk rekreasi karena panorama yang di milikinya, selain itu juga ragam budayanya yang memiliki nilai nilai luhur tersendiri serta yang menjadi ciri khas orang Indonesia tersendiri yaitu keramah tamahan masyarakatnya, karena keramah tamahanya mereka merasa seperti seorang raja yang sangat di hormati dan ingin kembali lagi berkunjung ke Indonesia. Masalahnya, masih ada banyak sekali destinasi wisata yang tak kalah menarik namun masih belum banyak di ketahui oleh publik karena masalah promosi, dan berikut adalah ide sederhana saya yang di sarikan dari berbagai sumber agar pariwisata Indonesia makin di kenal oleh masyarakat terutama oleh dunia luar. [1] Bangga menjadi orang Indonesia sendiri. Gambar budaya dari wikipedia Ya, sudah sepatutnya kita berbangga menjadi orang Indonesia sendiri, dengan ciri khasnya sendiri, keramah tamahan, adat istiadat yang penuh dengan nilai luhur, iklim tropisnya yang banyak di sukai para turis serta berbagai macam budaya yang wajib kita jaga supaya bisa berkelanjutan dan tidak punah karena itu merupaka aset wisata dan menjadi daya tarik tersendiri. Rasa bangga bisa kita wujudkan dengan terus menimba ilmu dan berkarya supaya bisa menjadi generasi yang cerdas dan kreatif yang mampu melahirkan ide ide baru untuk dunia, termasuk untuk dunia pariwisata. Dengan kita berilmu, kita bisa mendukung kinerja kita dalam banyak hal, baik dalam pekerjaan ataupun bisnis. Dengan kita berilmu, kita akan merasa percaya diri dalam menghadapi sesuatu karena sebelumnya kita telah belajar banyak tentangnya. Misalkan jika kita mahir berbahasa inggris, kita pastinya akan lebih merasa percaya diri untuk bersaing dalam dunia kerja ataupun bisnis. Misal kita bekerja di sebuah hotel ternama yang banyak di kunjungi turis asing, jika kita mampu berbahasa inggris, maka kita bisa berkomunikasi dengannya, kita bisa memahami apa yang di inginkannya, tujuanya, bisa mengarahkan di kamar mana ia harus menginap, atau bahkan kita bisa berkenalan denganya ( he he he, cewek bule dong ).Tapi jika kita tak bisa berbahasa inggris, jangankan berbincang bincang atau bahkan berkenalan, karena kita tak bisa di terima bekerja di hotel tersebut, huh…cape deh... Itulah gunanya ilmu, dengan ilmu kita bisa unggul dan bersaing dengan banyak hal terutama dalam dunia kerja, dengan berilmu kita bisa menjadikan Indonesia lebih maju termasuk juga dalam industri pariwisata.Dengan menjadi orang Indonesia yang berilmu, kita bisa lebih merasa berbangga bahwa ternyata orang orang Indonesia mampu bersaing dengan dunia internasional. [2] Mempromosikan Wisata Indonesia Melalui Media Elektronik Ada 3 jenis untuk cara ini, yaitu : Film Ya, dengan film yang bisa di tonton oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan luar negri, maka orang akan mudah tahu seperti apa wisata Indonesia. Diluar negri cara ini sudah banyak dilakukan untuk mempromosikan destinasi wisatanya seperti contohnya di Amerika sana dengan filmnya What Happen in Las Vegas, Manhattan dsb. Video di pinjam dari youtube : https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=Thaq3NUnWvg Dengan Indonesia meniru cara ini maka khalayak publik terutama orang luar tidak hanya tahu bahwa wisata Indonesia bukan hanya Jawa dan Bali saja, tapi Indonesia timur juga, seperti kepulauan raja ampat di Papua sana, Pulau Lombok, juga indahnya Pulau Derawan di Kalimantan Timur. Memang, Indonesia pernah melakukan hal ini dalam film Laskar Pelangi seperti pada video diatas, Eat of Pray dan 5cm dan membuat wisatawan yang datang ke Indonesia meningkat drastis, tapi pastinya akan lebih baik lagi jika cara seperti ini konsistensikan di kelanjutkan pada film film lain supaya wisata Indonesia semakin di kenal masyarakat luas. Semua orang butuh hiburan, saat lelah kerja, saat hari libur dan lain sebagainya, banyak orang suka nonton film, bioskop dan film film lainya. Sebagai promotor wisata yang cerdas, kita bisa memanfaatkan hobi nonton mereka untuk memperlihatkan indahnya wisata kita dalam kesenangan mereka, dengan begitu mereka bukan hanya senang dengan film yang di tontonya tapi juga mereka bisa melihat indahnya wisata yang kita promosikan, dengan cara tersebut kita bisa menggaet para pengunjung untuk datang ke wisata kita. Iklan di Televisi Video di pinjam dari https://www.youtube.com/watch?v=5Hlj_zsWDUk&feature=player_embedded Setau saya, saya belum pernah melihat iklan iklan di stasiun stasiun televisi yang mempromosikan pariwisata Indonesia, padahal jika Indonesia menerapkan cara ini maka pariwisata Indonesia bisa lebih maju dan terkenal. Sekarang hampir setiap rumah punya televisi, setiap hari orang bisa di pastikan selalu menyempatkan diri untuk menonton walau sebentar, sekedar untuk menonton berita atau menonton acara lain. Bayangkan jika paling tidak ada satu wisata saja yang di promosikan, misalnya Pulau Bali yang paling utama atau Candi Borobudur, atau juga Kepulauan Raja Ampat yang sangat indah dan sangat alami di Papua sana, pasti kunjungan ke tempat wisata tersebut dari yang sebelumnya sedikit akan melonjak, terlebih saat liburan tiba. Dengan berpromosi melalui media ini, wisata Indonesia akan banyak di ketahui secara luas baik dalam negri ataupun luar negri, jadi selain dengan film, iklan juga adalah media yang potensial sekali untuk mempromosikan wisata Indonesia. Iklan di Radio Walaupun hanya bisa di dengar, tapi beriklan di radio memiliki potensi yang cukup besar, karena radio kini bisa di dengar secara streaming melalui internet, jadi misalkan saya yang ada di kota kebumen pun bisa mendengarkan radio yang sedang di putar di jakarta sana, dengan memanfaatkan tekhnologi internet – sosialisasi dan promosi secara meluas akan semakin mudah di lakukan. Apalagi kini kita bisa mendengarkan radio melalui handphone, tinggal colok handsate dan putar maka dengan mudah kita bisa menikmati siaranya. Untuk promosi wisata wisata yang ada di daerah, cara ini sangat baik di lakukan karena pastinya biaya lebih terjangkau dan bisa menyesuaikan ekonomi masyarakatnya. Jadi, dengan memanfaatkan media elektronik seperti radio dan televisi, sosialisasi dan promosi wisata akan lebih efektif dalam menjangkau khalayak publik. [3] Promosi Tersentralisasi Cara ini hampir sama seperti pada poin nomor satu diatas, cuma bedanya cara ini menggunkan media spanduk. Maksudnya begini, selama ini kita sering melihat spanduk spanduk atau papan reklame di pinggir jalan yang mempromosikan wisata daerahnya masing masing, namun mereka lupa mencantumkan nama Indonesia yang merupakan negaranya sendiri, mereka hanya mencantumkan nama daerahnya masing masing. Gambar di pinjam dari febrianirh Dengan membranding nama Indonesia di papan reklame atau spanduk, orang akan semakin mencintai negaranya sendiri dan semakin menumbuh kembangkan rasa nasionalisme masyarakat akan negaranya. Dengan rasa nasionalisme yang terus berkembang, maka akan semakin membawa perubahan positif untuk kedepanya, termasuk dalam dunia pariwisata.Dengan mencantumkan kata “Indonesia” di papan reklame atau spanduk, orang akan semakin mengagumi bahwa inilah wisata kita, wisata indah yang di miliki Indonesia, betapa kayanya Indonesia dengan limpahan isi bumi dan lautan di dalamnya. Melalui promosi yang terpusat atau tersentralisasi walaupun masih dalam level sederhana, akan membuahkan hasil yang lebih efektif untuk wisata Indonesia itu sendiri, dan ini akan sangat baik untuk sebuah destinasi wisata yang belum terlalu di kenal orang banyak. [4] Ppromosi Secara Online Di jaman teknologi seperti sekarang ini, hampir setiap orang bisa mengakses internet, dengan memanfaatkan internet untuk promosi wisata, orang akan semakin banyak tahu tentang wisata yang kita promosikan hanya dengan mengetikan jari. Membuat website atau blog sekarang bukanlah hal yang sulit, kalau memang belum bisa pastinya kita bisa belajar dulu. Ada pepatah mengatakan “orang yang menguasai dunia adalah orang yang menguasai tekhnologi” maksudnya dengan kita bisa memanfaatkan tekhnologi sebaik mungkin, kita bisa memudahkan banyak pekerjaan pekerjaan kita, terutama promosi.Sekarang internet banyak di jadikan alat untuk mencari penghasilan baik itu usaha online ataupun offline, biaya akses internet yang semakin murah dan perangkat yang semakin mudah dan murah di dapatkan seperti handphone, tablet, komputer , semakin memudahkan orang untuk mengakses informasi yang di inginkan. Juga dengan jumlah pengguna internet yang semakin tak terhitung jumlahnya, merupakan prospek bagus untuk di jadikan market potensial untuk wisata yang kita promosikan. Misalkan contohnya untuk di daerah saya di kebumen jawa tengah, terdapat wisata favorit yang banyak di kunjungi orang terutama saat liburan yaitu pantai suwuk, jika misal pengelolanya memiliki situs khusus tentang pantainya, maka publik akan semakin banyak yang tahu bahwa di daerah kebumen terdapat sebuah pantai yang begitu indah dengan bukit bukitnya hingga akhirnya mereka tau dan mendatanginya. Websitenya bisa beralamat www.pantaisuwuk.com atau www.pantaisuwukkebumen.com, dengan cara seperti ini, promosi akan lebih terbantu untuk tempat wisata khususnya yang ada di daerah daerah yang belum trlalu di kenal publik. Gambar di pinjam dari suaramerdeka Contoh sederhana ilustrasi website pariwisata Atau bisa juga dengan mendaftarkanya di web portal wisata ternama yang banyak tersedia di internet seperti di www.indonesiacommerce.com, www.indonesia-tourism.com dll. Atau website website atau portal berita yang memiliki traffic yang tinggi seperti kompasiana sehingga promosi wisata Anda akan banyak di ketahui orang. Cara lain yang bisa di pakai yaitu dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook dan twitter, dengan facebook kita bisa menggunakan fanspagenya untuk menjaring para pecinta wisata, orang yang me-like fanspage kita adalah yang suka terhadap wisata yang kita promosikan. Screenshoot socmed di pinjam dari amir Agar promosi lebih luas kita bisa memasang widget fanspage facebooknya ataupun twitter di blog atau website yang telah kita buat, jadi selain pengunjung tahu tentang promosi melalui artikel di blog atau website kita tadi, mereka juga bisa kita tangkap datanya melalui akun sosial media diatas jika dia like atau follow. [5] Promosi Wisata di Luar Negri dengan Taksi Gambar di pinjam dari indonesia travel Cara ini bisa di bilang unik karena sepertinya masih jarang yang menggunakanya. Di kota London Inggris sana, ada taksi yang biasa orang setempat menyebutnya dengan istilah Black Cab, yaitu taksi dengan berbalurkan promosi wisata Indonesia di badanya. Pada bagian pintu terdapat logo Wonderfull Indonesia bersama alamat situs resmi pariwisata Indonesia yaitu www.indonesia.travel serta gambar orang berselancar di belakang taksinya. Setidaknya ada sekitar 250 Black Cab ini yang beroperasi di kota London, dengan daya tempuh yang cukup jauh di harapkan masyarakat London bisa lebih mengenal Indonesia selain untuk penguatan pencitraan Indonesia di pasar utama, khususnya London.Memang sunguh unik berpromosi melalui cara seperti ini, dan pastinya akan lebih baik lagi jika hal ini di terapkan pada negara negara lain seperti Amerika, Jepang atau China yang memiliki tingkat ekonomi yang baik, sehingga potensi pengunjung asing lebih besar untuk datang ke Indonesia. [6] Festival dari Duta Wisata itu Sendiri Kita memang sudah memiliki perwakilan dari duta wisata itu sendiri yaitu dengan memilih pemuda pemudi berkompeten dari daerahnya masing masing untuk mempromosikan wisata yang ada daerahnya, juga dengan pemilihan puteri pariwisata yang memiliki tugas promosi wisata yang lebih luas lagi yaitu sampai ke tingkat internasional, namun jika misal dari duta wisata itu sendiri juga mengadakan festiva festival lainya untuk perkembangan pariwisata, yang kecil kecilan saja seperti misalnya festival blog atau kontes blog tentang pariwisata dan pemenang nantinya di tugaskan untuk mempromosikan pariwisata dalam kurun waktu tertentu misalkan satu tahun, maka sosialisasi dan promosi wisata akan lebih meluas selain dengan peran duta wisata itu sendiri. Atau yang lebih spesifik lagi, kandidat bisa di seleksi dari para pelajar ilmu pariwisata seperti SMK pariwisata atau mahasiswa pariwisata, dengan begitu calon pemenang nantinya adalah orang yang benar benar berkompeten untuk mengemban tugasnya. Dengan syarat dan ketentuan yang ketat yang telah di tetapkan sebelumnya, pastinya akan bisa mendapatkan calon duta wisata yang benar benar mampu mengemban tugasnya [7] Promosi Wisata Kuliner di Negara Tetangga Cara lain yang tak kalah untuk menarik wisatawan luar negri untuk datang ke Indonesia yaitu dengan mempromosikan kuliner kita di negri orang. Seperti yang banyak kita lihat di negara kita sendiri, ada banyak restoran restoran dari negara tetangga seperti dari Jepang, China, Thailand dll yang terbukti ramai pengunjung, itu berarti mereka telah sukses mempromosikan kulinernya di Indonesia.Di Thailand contohnya, negaranya memiliki program Thai Kithcen for the World, dimana pemerintahanya mendukung 100 persen berdirinya restoran Thailand di seluruh dunia. Gambar di pinjam dari kaskus Dengan cara itu pastinya orang orang dari seluruh dunia akan lebih mengetahui seperti apa Thailand berawal dari makananya yang akhirnya para turis ingin berkunjung ke negaranya, dan itu bisa di lakukan oleh Indonesia sendiri dengan menerapkan cara yang sama. Indonesia bisa mendirikan restoran restoran Indonesia di negara negara tetangga atau bahkan seperti pemerintah Thailand dengan programnya, jika Thailand memiliki nama program Thai Kitchen for the World maka Indonesia bisa juga menirunya, misalnya Indonesia Kithen for the World, pastinya negara kita akan lebih di kenal masyarakat dunia dengan menanamkan program tersebut, terlebih kita memiliki senjata ampuh yang merupakan ciri khasnya, yaitu keramah tamahanya yang mampu meluluhkan hati orang dan sudah terkenal oleh banyak negara karena itulah kunci utama pelayanan, dan pada akhirnya wisatawan asing pun juga akan membludak membanjiri Indonesia. Gambar di pinjam dari kaskus Ada juga sedikit cerita dari seorang kerabat pemilik restoran di Jepang yang bernama Hery yang memiliki cerita unik terkait pelangganya yang sekarang menjadi tamu setianya. Jadi mereka adalah sepasang kekasih yang kebetulan mampir ke warungnya untuk mencicip makanan indonesia seperti nasi goreng, sate ayam, bakso dll dan mereka suka sekali dengan masakanya hingga akhirnya mereka menikah dan menjadikan indonesia sebagai tujuan bulan madunya, berawal dari masakan Indonesia yang ia makan negaranya - mereka datang ke Bali karena kebetulan restoran yang ada di negaranya (Jepang) adalah makanan khas Bali, dan sampai saat ini mereka masih menjadi pelanggan setia restoranya agar selalu mengingat saat bulan madunya di Bali. [8] Pendidikan Pariwisata di Daerah Daerah Gambar di pinjam dari suwaputra Dari ketujuh cara diatas, mungkin cara ini adalah yang paling bagus untuk perkembangan pariwisata. Didaerah saya di kabupeten kebumen, setau saya belum pernah melihat ada sebuah sekolah atau tempat pendidikan khusus pariwisata yang didirikan. Yang mendominasi adalah sekolah sekolah kejuruan seperti manajemen, otomotif dan permesinan juga Sekolah Menengah Atas ( SMA). Jangankan kampus pariwisata, SMK pariwisata pun di tempat saya belum ada, pastinya akan lebih baik lagi jika para pemuda pemudi juga ikut menuntut ilmu di sekolah pariwisata seperti SMK pariwisata, terutama mereka yang berbakat di bidang tersebut agar bisa menyalurkanya lewat pendidikan di sekolah, tapi sayangnya belum ada, kebanyakan yang ada hanya di kota kota besar yang jaraknya cukup jauh. Dengan adanya pendidikan pariwisata di daerah daerah maka akan melahirkan sumber daya manusia yang terampil dalam idustri pariwisata, dan ini akan sangat berdampak baik bagi perkembangan pariwisata terutama di daerah daerah.Jika memang masih sulit untuk mendirikan sekolah pariwisata karena soal biaya, maka bisa di usulkan oleh pemerintah untuk sekolah jurusan pariwisata di adakan di sekolah negri yang ada, karena pastinya orang akan memilih tempat pendidikan yang berkualitas seperti sekolah sekolah yang berstatus milik pemerintah atau negri, SMK Negri. Dalam memajukan suatu usaha, pendidikan adalah hal penting untuk mendukung sebuah strategi, dengan di siapkanya pendidikan terlebih dahulu maka apa yang kita kerjakan akan lebih terarah hingga mendapatkan pencapaian yang maksimal. Kesimpulan : Dari keseluruh pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa, dengan kita selalu menumbuhkan rasa kreatifitas, produktifitas dan keinovatifan maka percepatan perkembangan pariwisata Indonesia lebih mudah tercapai dan dengan hasil yang maksimal. Kita sebagai warganya wajib memanfaatkan potensi kekayaan dan keindahan alam untuk di gunakan sebaik mungkin demi kesejahteraan masyarakatnya. Penutup :Pembahasan sederhana diatas adalah berdasarkan sumber sumber informasi yang saya tuliskan kembali dan opini saya secara pribadi untuk percepatan pembangunan dan perkembangan pariwisata Indonesia, semoga bisa menginspirasi banyak pihak untuk mengaplikasikanya secara nyata. Dan semua merk dagang yang saya tuliskan di atas seperti www.indonesia.travel, www.indonesia -tourism.com, www.indonesiacommerce.com dll adalah merk dagang masing masing dan tidak mencerminkan institusi atau perusahaan manapun, sampai disini berakhirlah pembahasan tentang Cara Mempromosikan Pariwisata Indonesia ini, kritik dan saran sangat terbuka untuk artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya, jangan lupa like kalo suka ya, cheeerssss… Sumber referensi artikel : [1] http://www.venuemagz.com/berita/read/20140903/film-sarana-tepat-promosikan-destinasi-pariwisata [2] http://lifestyle.okezone.com/read/2013/10/28/407/888312/bujet-minim-ini-cara-kemenparekraf-promosi-destinasi-wisata [3] http://www.indonesiacommerce.com/front/ [4] http://indonesia.travel/id/news/detail/855/taksi-black-cab-di-inggris-pun-ikut-promosikan-wonderful-indonesia [5] http://www.anneahira.com/pariwisata-indonesia.htm [6] http://m.kaskus.co.id/thread/000000000000000016420992/restoran-restoran-indonesia-yang-ada-di-luar-negeri
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H