Lihat ke Halaman Asli

Amin Z

Mahasiswa Teknik Elektro

Jangan Panik Mahasiswa Undip Mengusir Vampir Listrik

Diperbarui: 6 Agustus 2021   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Semarang (06/08) – Dimasa pandemi Covid-19 ini masyarakat mengeluhkan kenaikan biaya tagihan listrik yang lumayan signifikan, sehingga banyak spekulasi dimasyarakat bahwa PLN menaikkan tarif listrik. Padahal Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menyampaikan bahwa rencana penerapan penyesuaian tarif (tarif adjustment) yang mengikuti tarif keekonomian untuk golongan pelanggan non subsidi batal dilakukan pada kuartal III tahun ini[1]. Selain itu pemerintah juga telah memberikan subsidi diskon listrik kepada masyarakat dengan golongan 450VA dan 900VA hingga Desember 2021. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meyakini kenaikan tagihan yang dialami beberapa pelanggan murni terjadi akibat kebijakan work from home (WFH) diberlakukan pemerintah demi menekan penyebaran virus corona beberapa bulan terakhir[2].

Melihat kondisi ini, mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021, Muhammad Amin Zihni mengajak masyarakat untuk bijak dan hemat dalam menggunakan energi, khususnya energi listrik melalui program “Konservasi Energi dengan Pembuatan Konten Edukasi Hemat Energi Listrik”. Hal ini juga bertujuan untuk memanfaatkan energi listrik se-efesien mungkin guna menekan biaya listrik selama pandemi Covid-19. Program dilakukan dengan pembuatan poster mengenai “Vampir listrik”, yang menjelaskan bahwa terdapat banyak perangkat listrik dalam keadaan off namun tetap menghabiskan listrik bahkan hingga 50watt/jam, yang mana bila dikalkulasikan dapat merugikan hingga Rp.168.220/tahun*. Selain itu ada pula poster mengenai tips hemat energi listrik di rumah. Mahasiswa juga membuat stiker stiker yang mengajak untuk berhemat energi listrik.

Program kerja ini disusun dan dilakukan secara mandiri di rumah di bawah bimbingan Dr. Ir. Marry Christiyanto, M.P, I.P.M, selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Adapun tindak lanjut kegiatan ini, yaitu desain poster tersebut dicetak dalam bentuk MMT dan dipasang ditempat yang telah disediakan dilingkungan RT12 RW08, agar masyarakat yang berkunjung di lingkungan RT dapat mengetahui dan memanfaatkan energi listrik se-efesien mungkin untuk menekan biaya listrik. Selain itu desain poster juga akan dikirim secara virtual melalui grub WA RT 12.

Dok. pribadi

Muhammad Amin Zihni – Fakultas Teknik/Teknik Elektro UNDIP 2018
Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Marry Christiyanto., M.P., I.M.P.
Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang
KKN Universitas Diponegoro Tim II Tahun 2021

Referensi
[1] Umah, Anisatul. 2021. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2021. Tarif Listrik Non Subsidi Per 1 Juli Dipastikan Tidak Naik.
[2] Wicaksono, Adhi . 2020. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2021. Staf Erick Thohir Ungkap Alasan Tagihan Listrik Naik Saat WFH.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline