PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) termasuk dalam jajaran bank swasta terkemuka di Indonesia yang merupakan bagian dari grup Malayan Banking Berhad (Maybank). Seperti yang kita tahu mereka adalah salah satu grup penyedia layanan keuangan terbesar di ASEAN. Sejak berubah nama dari BII menjadi Maybank Indonesia melalui persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 23 September 2015, seolah menjadi sebuah penegasan entitas utuh yang tidak terpisahkan, dari Grup Maybank yang senantiasa berusaha menghadirkan Humanising Financial Services kepada semua pemangku kepentingan. Sebuah etos kerja yang membanggakan dan layak diacungi jempol.
Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia yang terkoneksi dengan jaringan regional maupun internasional Grup Maybank, Maybank Indonesia seolah siap memberikan yang terbaik untuk nasabahnya. Terhitung per 31 Desember 2014, Maybank Indonesia telah memiliki 455 cabang termasuk cabang Syariah dan kantor fungsional mikro yang tersebar di Indonesia. Dua cabang luar negeri (Mauritius dan Mumbai, India). Menyediakan 13 Mobil Kas Keliling serta 1.530 ATM, termasuk CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM yang tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS. Jangan lupa kalau jaringannya juga terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura dan Malaysia melalui jaringan MEPS. Sebuah langkah pelayanan yang membuat nasabahnya mudah terkoneksi dengan ‘dunia luar’ untuk berbagai keperluan perbankan. Merupakan nilai plus yang memang harus ditambahkan jika ingin memenangkan market dari kompetitor.
Selain koneksi luar yang terus menerus diperkuat, urusan internal juga diperlengkap. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Perbankan Ritel, Perbankan Bisnis, dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan BII Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas e-banking melalui Mobile Banking, Internet Banking dan berbagai saluran lainnya. Saya berharap untuk poin-poin penting diatas disempurnakan terus. Agar bisa meminimalisir keluhan-keluhan yang timbul dalam pelaksanaannya di ‘lapangan’. Dengan begitu Maybank bisa menutup akhir tahun 2015 dengan pencapaian yang lebih besar dari tahun kemarin, dimana Per 31 Desember 2014, Maybank Indonesia dipercaya mengelola simpanan nasabah sebesar Rp101,9 triliun dan memiliki aset senilai Rp143,3 triliun.
Sebab ada bank sebelah yang kapasitas layanan e-bankingnya payah, ada juga yang Anjungan Tunai Mandirinya banyak terselipi uang palsu, trus pembiayaan otomotifnya kurang profesional, atau serangkaian produk dan jasa komprehensifnya bagi nasabah individu maupun korporasi terkesan tebang pilih dan main mata. Sebagai sebuah bank yang professional, saya yakin Maybank bisa menutup ‘cela’ yang tidak seharusnya dan sangat tidak sedap dipandang mata tersebut.
Semua ini adalah bentuk cinta kami pada Maybank Indonesia. Melihat Visi Maybank Indonesia yang ingin menjadi penyedia layanan keuangan di Indonesia, dengan dukungan komitmen sepenuh hati dan sumber daya yang terus berinovasi untuk menciptakan nilai dalam memberikan layanan terhadap komunitas, saya yakin Maybank Indonesia akan bekerja dengan sepenuh hati.
Saya juga kagum dengan Misi Humanising Financial Services dari Maybank Indonesia. Disana ada komitmen tentang:
- Menyediakan akses yang nyaman bagi masyarakat untuk mendapatkan produk dan layanan perbankan
- Memberikan persyaratan dan harga yang wajar
- Memberikan advicekepada nasabah berdasarkan kebutuhan
- Berada di tengah komunitas
Jadi tak mungkin Maybank Indonesia tumbuh menjadi gurita raksasa yang bakal ‘menelan’ nasabahnya dan mengambil keuntungan dari sana. Makanya pantas saja Maybank Indonesia berhasil mendapat berbagai penghargaan bergengsi atas kinerja yang telah dilakukan seperti:
- Mei 2009 - Bank Indonesia Award untuk partisipasi BII dalam merancang Standar Nasional untuk Kartu ATM dan Kartu Debit berbasis Chip di Indonesia.
- Mei 2009 - Gold Award of Service Quality Award (SQA) 2009 dari majalah Marketing dan Carre – CCSL (Center for Customer Satisfaction and loyalty)
- Juni 2009 - Meraih peringkat Kedua untuk keseluruhan dan peringkat pertama bagi Syariah dalam Banking Service Excellence Award 2009 dari Marketing Research Indonesia (MRI) dan Infobank
- Juli 2009 - Penghargaan Golden Trophy Infobank Award 2009 untuk Kinerja Keuangan ‘Sangat Bagus’ 2004-2008 dari Infobank.
- Sementara untuk Desember 2009 - Peringkat pertama dalam “10 bank Terbaik dalam Kualitas Layanan” 2009 (Customer Satisfaction Index Survey-CSIS) dari Institute of Service Management Studies (ISMS) dan majalah Infobank.
Ini hanyalah sebagian kecil dari prestasi luar biasa yang mampu kau torehkan oleh Maybank Indonesia di tahun 2009 yang lalu, diatara begitu banyak prestasi dan penghargaan dari fihak luar untuk mutu dan kinerjamu. Saya anggap poin-poin diatas sudah cukup membuktikan seberapa profesional Maybank dalam memperikan jasa dan layanan kepada nasabahnya.
Sudah kuberikan harapanku padamu, Maybank ku. Sekarang buktikan kemampuanmu padaku sebagai Indonesiamu. Buatlah kami bangga padamu. Wish you all the best Maybank Indonesia. Teruslah berkarya dan buatlah Indonesia makin berwarna.
Materi dari berbagai sumber