Lihat ke Halaman Asli

Amilia Alfiani Nadhofah

Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

Kendala dalam Melaksanakan Evaluasi di TK DW Dewi sartika

Diperbarui: 2 Januari 2023   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam program pembelajaran membutuhkan evaluasi sebagai alat dan sarana dalam mengukur keberhaslan dari program yang sebelumnya sudah direncanakan, hal ini guru bisa mengetahui seberapa kemajuan pada siswa sebagai hasil proses belajar mengajar, aspek yang dimiliki anak usia dini ini ada beberapa diantaranya nilai agama dan moral, kognitif, social dan emosional, bahasa, fisik dan motorik, dan seni. 

Guru dapat mengevaluasi sejauh mana pembelajaran anak usia dini apakah berhasil atau sebaliknya, jika tidak berhasil penyebabnya bisa dari metode yang kurang tepat dan menarik. Tujuan dalam evaluasi ini untuk memperbaiki seluruh aspek yang dimiliki anak usia dini, selain itu ada tujuan utama dari evaluasi yakni untuk membuat keputusan.

Dalam melaksanakan evaluasi di TK DW Dewi Sartika Prigi Tidak selancar yang diangankan pasti ada kendalanya. Dalam wawancara pada guru di TK DW Dewi Sartika Prigi mendapatkan hasil yang dimana kendala pada dilaksanakannya evaluasi itu di penilaian. 

Penilaian yang menjadi kendala karena setiap anak akan mempunyai perkembangan berbeda-beda jadi guru harus memerlukan waktu yang tidak singkat dan terkadang waktu pelaksanannya yang tidak menentu. Bisa dari tenaga guru kemudian mengumpulkan data dari anak-anak tersebut sesuai dengan kemampuannya. Kemudian nilai pada aspek perkembangan terlalu luas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline