Lihat ke Halaman Asli

Praktikum Media Tanah: Implementasi Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar

Diperbarui: 4 Juni 2024   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dalam sebuah video TikTok yang saya temui di akun @lilinda89, terdapat seorang guru SDN Kranjingan 04 yang menginspirasi muridnya dengan turun lapang dan mempraktikkan cara pembuatan media tanah. Guru ini menggunakan pendekatan konstruktivisme dan kontekstual untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan bagi siswa.

Pendekatan konstruktivisme menekankan bahwa pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri melalui pengalaman langsung dan interaksi dengan lingkungan sekitar. Dalam hal ini, siswa belajar tentang media tanah tidak hanya dari buku teks, tetapi melalui kegiatan praktis yang melibatkan mereka secara aktif.

Sementara itu, pendekatan kontekstual berfokus pada penghubungan materi pelajaran dengan situasi nyata yang dihadapi siswa sehari-hari. Dengan turun lapang dan membuat media tanah, siswa dapat melihat langsung bagaimana teori yang mereka pelajari di kelas diterapkan dalam kehidupan nyata. Pendekatan ini membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta pemecahan masalah.

Dengan memanfaatkan kedua pendekatan ini, guru tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menarik, tetapi juga meningkatkan keterlibatan siswa dan membantu mereka mengembangkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang topik yang dipelajari. Video dari akun @lilinda89 ini menjadi contoh yang inspiratif tentang bagaimana pendidikan dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan penuh makna.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline