Lihat ke Halaman Asli

Asyiknya Budaya Teknologi

Diperbarui: 24 Juni 2015   23:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini menjadi realita kehidupan bahkan menjadi kebutuhan. Sebagai contoh adalah kebutuhan seorang pelajar mencari materi, pengangguran mencari lamaran pekerjaan, ibu rumahtangga mencari resep masakan, dll. Dari sinilah ditemukan tujuan utama perkembangan iptek yaitu perkembangan hidup manusia, kemudahan memperoleh apapun, serba murah, lebih cepat, lebih aman dan bermanfaat tentunya. Perkembangan iptek, yang utamanya dewasa ini adalah teknologi informasi (information technology) yang murah. Dan dari situlah muncul peluang serta kesempatan untuk semua orang memanfatakannya. Kalau dikaitkan dengan budaya, perkembanganteknologi sangat memberi dampak yang besar, sebagai contoh :
1.Kemerosotan moral di kalangan masyarakat, khususnya di remaja dan pelajar sebagai penerus bangsa. Sebagai contoh pornografi, maupun proses imitasi yang berlebihan (penampilan yang terlalu terbuka/ membuka aurat), kemudahan menyerap hal negatif, dll.
2.Proses interaksi dan pola komunikasi masyarakat yang semakin berkurang.
3.Perilaku menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat.
4.Semakin lemahnya kewibawaan akan tradisi-tradisi setempat, seperti gotong royong dan tolong-menolong yang melemahkan kesatuan social.
5.Akibat selanjutnya  bisa  dilihat bersama, kenakalan serta tindakan   menyimpang      dalam   berbagai   bentuknya,   seperti  perkelahian, tawuran, perkosaan, corat-coret,   pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
Seperti itulah dampak negatifnya, yang mendorong terbentuknya budaya baru yang tidak sesuai PANCASILA. Lain halnya dari hal tersebut, budaya baik juga ditimbulkan dengan adanya perkembangan teknologi, yaitu :1.Pola pikir masyarakat akan semakin meluas.
2.Keterbukaan pada hal- hal baru.
3.Kemajuan dalam segala bidang.
4.Kemudahan serta kemanfatan dari suatu produk.
5.Semangat berkompetisi.
6.Terbentuk suatu ikatan, dan komunitas baru.
7.Semakin terpolanya kehidupan masyarakat untuk On line.
8.Terbukanya kegiatan yang dilakukan secara on line, sehingga akan mendorong percepatan pengguna internet di Indonesia.
9.Pembangunan sarana komunikasi yang berdampingan mendukung perkembangan internet.
10.Terbukanya jejaring sosial yang mendorong manusia dapat berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia.
11.Peluang membuka, mempromosikan, serta menginformasikan segala hal.
Maka dari itu baik dan buruk budaya tak lepas dari yang namanya teknologi, lalu bagaimanakah seharusnya kita memanfaatkan teknologi itu supaya memberi kebaikan bagi masyarakat?Cara kita memanfatakan teknologi adalah :1.Kita harus paham akan potensi dari suatu teknologi. Sebagai contoh :
·Pemanfaatan hotspot area untuk membuat sebuah forum komunikasi sendiri,
·Kegunaan webcam yang bisa menghubungkan dengan orang secara bertatap muka layaknya langsung,
·Jejaring sosial dapat digunakan untuk berwirausaha.
·Terciptanya produk- produk teknologi baru yang memberi kemudahan, maupun produk dengan kualitas yang semakin hebat teknologinya.
·Serta manfaat lainnya dari suatu produk hasil pemanfatanteknologi.
2.Tetap pada jalur peraturan yang sesuai. Maksdusdnya setiap hal yang dilakukan selalu membawa manfaat dan sesuai aturan yang berlaku dan tidak seenaknya sendiri.
3.Mengetahui dampak- dampak dari setiap kemajuan teknologi.
4.Berkarya melalui teknologi, seperti halnya menulis seperti ini, potret alam, maupun berkreasi lainnya.
5.Berpegang teguh pada agama yang dianut dan nilai luhur budaya indonesia.
6.Menjunjung nilai kemanusiaan, artinya tetap teguh pada manfaat bukan melupakan martabat dan kesejahteraan, serta menghargai hak cipta.
7.Menyadari bahwa setiap kemajuan merupakan perpanjangan kemapuan semua orang.
8.Menyadari bahwa setiap tindakan memberikan dampak.
Untuk itu kita harus bisa memahami atas segala hal yang berkaitan dengan Pemanfaatan Teknologi Digital. Kita harus memanfatakanTeknologi Digital Untuk Kemajuan Indonesia. Salah satunya adalah kita dapat mempromosikan segala budaya Indonesia melalui menulis di website, blogger, ataupun media teknologi lainnya. Kita bisa membuat suatu cerita, animasi, gambaran tentang aneka ragam budaya indonesia, sehingga budaya kita tetap terjaga dan tidak lupa akan budaya, meskipun terjadi perubahanteknologi yang begitu cepat. Yah, mungkin sekedar ini ide saya mengenai Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline