Lihat ke Halaman Asli

Amidi

TERVERIFIKASI

bidang Ekonomi

Sisi Lain Strategi Promosi yang Dilakukan Pelaku Bisnis

Diperbarui: 12 Juni 2024   06:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Oleh Amidi


Sebagaimana diketahui bahwa promosi sudah menjadi bagian integral dalam memasarkan suatu produk. Agar promosi efektif, pelaku bisnis melakukan berbagai strategi promoisi. Semakin beragamnya strategi promosi yang dilakukan pelaku bisnis, semakin besar peluang menggaet konsumen.

Semakin banyaknya media promosi yang bisa digunakan pelaku bisnis, semakin besar peluang pelaku bisnis untuk melakukan startegi promosi, mulai dari promosi yang harus mengeluarkan biaya  sampai pada promosi yang tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar alias gratis.


Strategi Promosi lain.

Bila dicermati berbagai strategi promosi yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis. Ada yang memanfaatkan kata "promo" untuk mendorong atau mendongkrak volume penjualannya. Misalnya tenaga penjual (sales man atau sales gilrs) menawarkan suatu produk dengan menyebutkan, "pak/buk/mbak/mas ini produk A lagi promo, hanya Rp. 10,000,- saja per unit. Konsumen mendengar kata lagi promo tersebut terkesima, padahal konsumen tidak tahu persis berapa harga produk yang ditawarkan mereka tersebut.

Dilapangan menjual kata "promo" ini, terkadang ampuh untuk menggoda/membujuk konsumen agar tertarik membeli suatu produk tersebut. 

Pada suatu gerai/toko/tenant pada saat konsumen mau mebayar barang yang dibelinya, kasir menyempatkan menawarkan kepada konsumen yang antri, dengan kalimat pamungkas; pak/buk/mbak/mas,  produk ini lagi promo, hanya Rp. 10.000,- saja, karena bila dilihat di etalase harga produk yang katanya lagi promo tersebut memang lebih mahal dari harga promo.

Dengan adanya kegiatan strategi promosi yang dilakukan kasir tersebut, tidak sedikit konsumen tergoda  dan memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan kasir dengan sebutan lagi promo tersebut.

Ada lagi strategi promosi yang dilakukan oleh pelaku bisnis dengan mengirim SMS kepada calon konsumen,  bekerja sama dengan operator telpon seluler yang ada, pelaku bisnis mengirim SMS sebanyak-banyak kepada pemilik nomor telpon seluler (HP), dengan kalimat yang menggoda/membujuk; "pada hari ini optik A sedang promo, cukup dengan menunjukkan SMS ini Anda akan mendapatkan discount 25 persen".  Ada juga pelaku bisnis bdang makanan/minuman, melakukan hal sama yakni; "Dengan menunjukkan SMS ini, Anda akan mendapatkan discount membeli produk makanan A, beli 10 cukup membayar 5 saja.

Kemudian  masih ada  lagi pelaku bisnis yang melakukan hal yang sama, yang menjual berbagai produk. Intinya adalah pelaku bisnis gencar melakukan startegi promosi ini, karena pengguna telpon seluler atau HP di negeri ini sangat banyak bahkan tiada satu tangan pun tidak menggengam HP, dan durasi mereka menggemgam HP lumayan lama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline