Lihat ke Halaman Asli

Amidi

TERVERIFIKASI

bidang Ekonomi

Hanya Keunggulan Membuat Pelaku Bisnis Bisa Bertahan!

Diperbarui: 2 Mei 2024   06:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi-- Mitra UMKM kuliner GoFood menyiapkan pesanan makanan di Dapur Bersama GoFood Bintaro, Jakarta Selatan, Minggu (20/9/2020). (KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO)

Oleh Amidi

Saat ini persaingan antar pelaku bisnis semakin ketat, baik antar pelaku bisnis skala besar maupun antar pelaku bisnis skala kecil atau antar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sendiri.

Berbagai startegi bisnis atau strategi pemasaran yang dilakukan pelaku bisnis dalam memenangkan persaingan, untuk merebut pasar, atau dalam memburu konsumen.

Sebetulnya tidak perlu gusar dengan pelaku bisnis lain atau hadirnya pelaku bisnis pendatang baru yang masuk ke pasar, asal pelaku bisnis memiliki keunggulan tersendiri.

Dalam ilmu ekonomi atau dunia bisnis kita kenal dengan dua Keunggulan yakni keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif. Konsep keunggulan komparatif terkait dengan kalayakan ekonomi dan konsep keunggulan kompetitif terkait dengan kelayakan financial. (jurnal.ipb.ac.id)

Dalam dunia bisnis keunggulan komparatif secara bebas dapat diartikan segala upaya untuk mencapai keunggulan atau suatu keunggulan yang dimiliki pelaku bisnis yang satu dibandingkan dengan pelaku bisnis yang lain. 

Sedangkan keunggulan kompetitif adalah bagaimana memanfaatkan keunggulan yang dimiliki suatu unit bisnis untuk mencapai tujuan bisnis yang dilakoni. 

Dengan kata lain, keunggulan komparatif, suatu keunggulan yang dimiliki oleh suatu unit bisnis sementara unit bisnis lain tidak memilikinya. Sedangkan keunggulan kompetitif adalah keunggulan dalam memenangkan persaingan.

Tidak semua pelaku bisnis memiliki keunggulan komparatif, namun semua pelaku bisnis mempunyai peluang untuk menciptakan keunggulan kompetitif.

Digitalmarketingscool.id menyitir untuk menciptakan keunggulan kompetitif, pelaku bisnis harus melakukan langkah; meninjau kekuatan inti yang dimiliki, menekan/mengurangi biaya, berfokus pada layanan, berfokus pada kualitas produk dan bedakan produk dan layanan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline