Lihat ke Halaman Asli

Amidi

TERVERIFIKASI

bidang Ekonomi

Mampukah Iklan "Kesehatan Produk" Menggaet dan Mempertahankan Pelanggan Produk Pengiklan?

Diperbarui: 11 Maret 2024   06:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Oleh Amidi

Pada tulisan saya yang dipublis  kompasiana.com, 07 Maret 2024, sudah dijelaskan bahwa  indikasi senyawa kimia yang terkandung dalam  air minum kemasan tersebut, memang harus disikapi dengan serius, karena  tidak hanya membahayakan kesehatan konsumen yang mengkonsumsinya, tetapi akan berdampak pula pada keberlangsungan hidup produk air minum kemasan yang terindikasi tersebut.

Indikasi senyawa kimia tersebut, bermula dari  unggahan  video TikTok dr. Richard Lee yang menyebutkan bahwa  "salah satu"  merek air minum kemasan Indonesia, galon-nya  mengandung Bisfenol A (BPA). (cnbc Indonesia, 08 Oktober 2023). Kemudian tidak lama dari itu,  viral pula dimedia sosial, yang menginformasikan bahwa dalam salah satu air minum kemasan terdapat kandungan bromat.  

Pernyataan tersebut ditanggapi pakar farmasi  UGM Prof. Zullie Ekawati bahwa  seorang content creator yang mengklaim hal tersebut tanpa dasar. Ia menepis pernyataan  seorang content creator  yang menyatakan bahwa rasa manis pada air minum kemasan tersebut, pertanda mengandung bromat tidak tepat. (detik.com, 25 Pebruari 2024)

Sekali lagi, perlunya menyikapi  indikasi  senyawa kimia tersebut, karena senyawa kimia yang disinyalir tersebut, membahayakan kesehatan  konsumen.   Bromat adalah senyawa kimia yang bersifat karsinogenik, alias dapat menyebabkan kanker, jika dikonsumsi dalam jangka panjang. (rri.co.id)

Tidak heran, kalau pelaku bisnis  yang memproduksi air minum kemasan tersebut menepis indikasi yang  dipublis  tersebut, sehingga mereka tidak tinggal diam, mereka berlomba-lomba dengan berbagai cara untuk meyakinkan konsumen dan pelanggan setia-nya, termasuk melakukan iklan "kesehatan produk" mereka.

Iklan Pernyataan Produk Sehat.

Bila dicermati, sebenarnya, pelaku bisnis yang memproduksi air minum kemasan tersebut, sudah lama melakukan iklan produk-nya yang menyatakan produk mereka sehat dan baik untuk dikonsumsi. Kedua pelaku bisnis air minum kemasan tersebut masing-masing mempunyai tagline (slogan) sendiri-sendiri. Dalam wikipedia.org, dipaparkan bahwa tagline atau slogan Aqua dan Le Minerale, hampir sama,  yang konten-nya mengenai "kesehatan produk" mereka.


Slogan Aqua:

- Bersih bening, bebas bakteri (1986-1990)

- Sehatnya Nyata (1999-2004)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline