Oleh Amidi
Pada tulisan saya yang dipublis kompasiana.com, 07 Maret 2024, sudah dijelaskan bahwa indikasi senyawa kimia yang terkandung dalam air minum kemasan tersebut, memang harus disikapi dengan serius, karena tidak hanya membahayakan kesehatan konsumen yang mengkonsumsinya, tetapi akan berdampak pula pada keberlangsungan hidup produk air minum kemasan yang terindikasi tersebut.
Indikasi senyawa kimia tersebut, bermula dari unggahan video TikTok dr. Richard Lee yang menyebutkan bahwa "salah satu" merek air minum kemasan Indonesia, galon-nya mengandung Bisfenol A (BPA). (cnbc Indonesia, 08 Oktober 2023). Kemudian tidak lama dari itu, viral pula dimedia sosial, yang menginformasikan bahwa dalam salah satu air minum kemasan terdapat kandungan bromat.
Pernyataan tersebut ditanggapi pakar farmasi UGM Prof. Zullie Ekawati bahwa seorang content creator yang mengklaim hal tersebut tanpa dasar. Ia menepis pernyataan seorang content creator yang menyatakan bahwa rasa manis pada air minum kemasan tersebut, pertanda mengandung bromat tidak tepat. (detik.com, 25 Pebruari 2024)
Sekali lagi, perlunya menyikapi indikasi senyawa kimia tersebut, karena senyawa kimia yang disinyalir tersebut, membahayakan kesehatan konsumen. Bromat adalah senyawa kimia yang bersifat karsinogenik, alias dapat menyebabkan kanker, jika dikonsumsi dalam jangka panjang. (rri.co.id)
Tidak heran, kalau pelaku bisnis yang memproduksi air minum kemasan tersebut menepis indikasi yang dipublis tersebut, sehingga mereka tidak tinggal diam, mereka berlomba-lomba dengan berbagai cara untuk meyakinkan konsumen dan pelanggan setia-nya, termasuk melakukan iklan "kesehatan produk" mereka.
Iklan Pernyataan Produk Sehat.
Bila dicermati, sebenarnya, pelaku bisnis yang memproduksi air minum kemasan tersebut, sudah lama melakukan iklan produk-nya yang menyatakan produk mereka sehat dan baik untuk dikonsumsi. Kedua pelaku bisnis air minum kemasan tersebut masing-masing mempunyai tagline (slogan) sendiri-sendiri. Dalam wikipedia.org, dipaparkan bahwa tagline atau slogan Aqua dan Le Minerale, hampir sama, yang konten-nya mengenai "kesehatan produk" mereka.
Slogan Aqua:
- Bersih bening, bebas bakteri (1986-1990)
- Sehatnya Nyata (1999-2004)