Lihat ke Halaman Asli

Amidi

TERVERIFIKASI

bidang Ekonomi

Mari Menyempurnakan Konten Iklan di Televisi agar Benar-benar Dapat Menggoda Konsumen (Pemilih) Terutama Pemilih Masih Labil!

Diperbarui: 9 Februari 2024   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Mari Menyempurnakan Konten Iklan  Di Televisi Agar Benar-benar Dapat  Menggoda Konsumen atau Pemilih (Terutama Pemilih Yang Masih Labil)

oleh Amidi

Tulisan ini sepertinya  terlambat, tetapi masih bisa di acuh, karena masih ada waktu sebelum hari "H",  (maaf)  saya baru mendapat ide beberapa menit yang lalu, semoga bisa menginspirasi.

Dalam rangka menjaring konsumen (pemilih) sebanyak-banyak, berbagai langkah telah dilakukan oleh pengurus partai, termasuklah membuat dan menayangkan iklan di media televisi, baik di televisi milik pemerintah maupun televisi  milik swasta.

Rata-rata konten iklan yang ditayangkan di televisi tersebut,  ajakan yang berlomba-lomba berusaha mengagaet konsumen (pemilih) dan dapat dipastikan semua partai yang melakukan iklan di televisi tersebut, berharap agar para pamirsa/penonton televisi tersebut "tergoda" dan pada saatnya akan membeli atau memilih partai lengkap dengan produk (calon presdiden, wakil presiden, DPR, DPRD, dan nanti disusul memilih kepala daerah)  yang mereka tawarkan.

Bintang Iklan.

Bila kita saksikan bintang iklan atau pemeran iklan adalah orang atau komponen partai yang menayangkan iklan-nya  di televisi tersebut,  rata-rata atau sebagian besar yang menjadi bintang iklan atau memerankan iklan adalah pimpinan partai atau komponen pengurus partai, sedikit sekali yang menggunakan pihak lain (baca: artis dan public pigur lainnya).

Kalau pun ada, bintang iklan atau pemeran  iklan dari kalangan public pigur, artis atau seleberiti, iklan tersbut bersifat umum. Misalnya iklan tentang agar konsumen (pemilih) menggunakan hak pilihnya, agar konsumen (pemilih) tidak saling mencaci maki atas perbedaan pilihannya, agar konsumen (pemilih)  jangan menjelekkkan calon yang satu dengan calon yang lain atau jangan  menjelekkan antara partai yang satu dengan partai yang lain.

Menurut saya, tidak salah, kalau partai menggunakan bintang iklan untuk mempromosikan partai dan produk (calon) yang akan kita tawarkan/jual tersebut menggunakan bintang iklan atau pemeran iklan dari kalangan public pigur dalam artian atis atau seleberiti yang banyak penggemarnya, yang banyak pengagumnya, yang banyak pengikutnya.

Seperti promosi atau iklan yang dilakukan oleh pelaku bisnis, ada yang menggunakan/memakai bintang iklan atau pemeran iklan dari kalangan seleberiti, seperti seleberiti dari kalangan dai atau mubaligh, seperti mubaligh perempuan  yang berinisial "M-D" atau mubaligh pria yang berinisila "M" , karena pelaku bisnis tahu betul bahwa sang mubaligh  tersebut walaupun penampilannya tidak identik atau tidak sekapasitas dengan penampilan seleberiti dari kalangan artis, tetapi pengkutnya bayaaaaaaaak bangeeeeet. Diharapkan, dengan massa yang banyak, dengan pengikut yang banyak dengan pengagum yang banyak, dengan pendengar yang bakyak tersebut, akan membeli produk yang ditawarkan pelaku bisnis tersebut dan sekaligus akan menjadi pelanggan.

Harus Ada Yang Khas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline