Lihat ke Halaman Asli

Amidi

TERVERIFIKASI

bidang Ekonomi

Memelihara Pelanggan (Pemilih) Agar Setia, Partai Harus Mengacu Pada Tingkatan Produk Dijlankan Pebisnis Pada Umumnya!

Diperbarui: 9 Februari 2024   10:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Memelihara Pelanggan (Pemilih) Agar Setia, Partai Harus  Mengacu Pada  Tingkatan Produk Yang Dijalankan Pebisnis Pada Umumnya!

oleh Amidi

Berdasarkan pengalaman pemilu yang sudah lalu, sepertinya pengurus partai sulit mempertahankan  pelanggan (pemilih) yang setia. Pada saat pemilu konsumen (pemilih) memilih atau mencoblos gambar/lambang partai tertentu dan beberapa produk yang ditawarkan partai secara bersamaan (calon presiden. Wakil presiden, DPR,  DPRD, kepala daerah), namun pada saat pemilu berikutnya mereka terkdang sudah merubah pilihan atau  sudah membeli produk lain (partai lain/calon lain).

Kecendrungan-nya terus berlangsung dari pemilu yang satu ke pemilu berikutnya. Mungkin, kita tidak begitu antusias mencermati fenomena yang berlangsung tersebut.

Pada kesempatan ini, saya mengajak kawan-kawan  pengurus partai untuk mulai mempertimbangkan langkah-langkah agar pelanggan (pemilih) setia untuk terus membeli produk atau memilih produk (calon)  yang kita tawarkan tersebut.

Jalankan Tingkatan Produk.

Dalam teori pemasaran, kita kenal dengan tingkatan produk yang sebaiknya ditawarkan dan atau dilengkapi oleh pelaku bisnis  yang akan memproduksi suatu produk atau yang akan menjual suatu produk.

Untuk menguraikan  tingkatan produk tersebut saya mengutif  kompas.com, 18 Oktober  2023 yang memaparkan  ada lima tingkatan produk;  core benefit, basic product, expected  product, augmented  product, dan potensial product.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa masing-masing tingkatan produk tersebut saling terkait dan saling mendukung serta saling melengkapi antar tingkatan produk itu sendiri.

Core benefit, atau produk inti yang akan memberi manfaat  dari suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen. Contoh adalah laundry, pada dasarnya mempunyai manfaat  untuk membantu seseorang meringankan beban mencuci pakaian sampai bersih dan siap dipakai kembali, yaitu dengan mencuci dan menyetrika pakaian  tersebut.

Basic product,  merupakan bentuk dasar dari suatu produk yang dapat dirasakan oleh pancaindra. Contoh adalah produk dasar yang disedikan guna menunjang manfaat inti, seperti detergen, mesin cuci, setrika, pelembut pakaian, pewangi dan tempat untuk mengeringkan pakaian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline