Lihat ke Halaman Asli

Amellia Disa Anggraini

Pelajar SMAN 3 Kota Mojokerto

Coba-Coba Resep Keripik Tempe Bisa Jadi Ide Bisnis UMKM

Diperbarui: 7 Oktober 2023   09:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Makanan zaman sekarang sangat beraneka ragam. Salah satu cemilan yang banyak disukai orang adalah keripik tempe. Menemukan keripik tempe yang renyah dan gurih cukup sulit. Kebanyakan penjual, keripiknya tidak renyah, tengik dan hambar. Saat itu, kami juga sedang mencari tambahan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kegagalan membuat keripik tempe yang hasilnya tidak renyah dan hambar dari resep di media sosial membuat terbesit pikiran untuk mulai mencoba membuat resep sendiri dari perpaduan berbagai resep di media sosial.

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kedelai. Keripik tempe adalah makanan yang terbuat dari tempe yang diiris tipis kemudian digoreng dengan dicelupkan ke bumbu. Biasanya rasanya asin dengan aroma bawang yang gurih. Sudah banyak sekali yang membagikan resep membuat keripik tempe. Tapi banyak juga resep yang hasilnya mengecewakan.

Awalnya mencoba berbagai resep keripik tempe yang ada di Youtube. Beberapa resep sudah dicoba tapi hasilnya tetap tidak memuaskan. Ada yang hasilnya tidak renyah dan tidak gurih, ada yang hasilnya gurih tapi tidak renyah atau melempem, dan ada juga yang hasilnya renyah tapi rasanya hambar.  

Ternyata penyebab keripik tempe yang alot itu bisa saja karena mengirisnya terlalu tebal, memakai lapisan tepung, waktu menggoreng minyaknya terlalu sedikit. Jika keripik tempe tidak gurih maka bumbunya kurang banyak dan jika keripik tempenya tengik itu karena minyaknya kurang tiris.

Setelah mengetahui penyebabnya, kami mulai membuat resep baru dari perpaduan beberapa resep tersebut. Jadilah resep keripik tempe yang renyah, gurih, beraroma, enak, dan tidak tengik. Tempe yang digunakan di resep ini adalah tempe setengah jadi. Kita bisa mendapatkan di pasar dengan harga Rp. 3.000 per bungkusnya. Setelah itu dicampur dengan tepung tapioka lalu difermentasi selama 2 hari agar menjadi tempe utuh.

Berikut ini resep dan cara membuatnya.

Resep Keripik Tempe 500 gram :

Bahan :

1. Tempe setengah jadi 1 bungkus

2. Tepung tapioka 250 gram

3. Minyak goreng

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline